Mengenal Lebih Dekat Klan Lexus RX yang Baru Saja Meluncur

 Suryo Sudjatmiko    22 February, 2023
Berita

Lexus RX generasi V resmi sudah meluncur di tanah air, setelah kurang lebih 6 bulan dari waktu perkenalannya untuk Indonesia. Mobil yang dirakit di fasilitas Lexus di Miyawaka, Fukuoka, Jepang ini menghadirkan tiga varian sekaligus untuk khayalak Indonesia yakni RX 450h+ Luxury (PHEV), RX 350h Luxury (HEV), RX 350 Luxury bermesin bakar murni dengan asupan turbo.

Pihak Lexus Indonesia sudah membuka harganya, di mana RX 450 h+ jadi pemegang banderol termahal dengan angka Rp1,8 miliar, RX 350h di angka Rp1,7 miliar dan RX 350 dicateli banderol Rp1,6 miliar (OTR DKI untuk semua mobil).

Sebenarnya dalam klan Lexus RX terbaru ini terdapat empat pilihan varian, namun RX 500h dengan mesin 4 silinder turbo 2.4 liter yang menganut sistem HEV tidak masuk ke dalam list yang disodorkan untuk pasar Indonesia.

Pada generasi V ini juga, RX Series tidak lagi mengkaryakan mesin V6 seperti empat generasi terdahulu. Semuanya diganti dengan mesin 4 silinder inline yang lebih ekonomis.

Saat resmi diluncurkan pihak Lexus Indonesia hanya memajang dua model saja yakni  RX 450h+ dan RX 350h. Sedangkan RX 350 dipastikan ada walau tidak dipajang.

RX 450 h+ PHEV

Varian termahal yakni RX 450h+ PHEV menggunakan mesin bensin A25A-FXS dengan transmisi eCVT dan disertai dengan baterai 18,1 kWh untuk mendukung kinerja motor listrik di roda depan dna belakang untuk menciptakan sistem AWD (E-Foor) yang efisien dan tangguh.

Daya gabungan dari mesin bakar dan motor listrik berada di angka 304 hp. Sedangkan sistem E-Four memungkinkan RX 450 h+ ini memiliki pengaturan distribusi torsi depan-belakang antara 100:0 dan 80:20.

Klaim dari Lexus, mobil ini mampu berjalan dengan menggunakan daya listrik murni sejauh 60-70 kilometer. Sedangkan untuk pengisian daya listriknya, Lexus mengklaim hanya membutuhkan waktu 2,5 hingga 3 jam hingga baterai terisi penuh. Dan ini dilakukan melalui AC Wall Charger yang disediakan Lexus untuk dipasangkan pada rumah pemilik RX 450h+.

 

RX 350h

Varian kedua adalah RX 350h yang mengkaryakan mesin yang sama dengan RX 450 h+ yakni A25A-FXS. Mesin ini diakurkan dengan sistem power split yang ditenagai dengan baterai 1.6 kWh. Kinerja gabungannya menghasilkan daya 245 hp dan torsi 326 Nm.

Versi yang ditawarkan di Indonesia adalah penggerak depan melalui girboks e-CVT.  Sedangkan versi all Wheel Drive saat ini tidak ditawarkan oleh Lexus Indonesia.

 

RX 350

Dibanding kedua saudaranya, RX 350 punya mesin paling kecil yakni mesin 4 silinder dengan kapasitas mesin 2.4 liter dengan kode T24A-FTS.

Mesin dengan asupan turbo ini mampu menghadirkan daya sebesar 275 hp ke roda depan dan didistribusikan melalui girboks otomatis 8-speedDirect Shift.

Versi yang dijajakan di Indonesia merupakan mobil dengan penggerak roda depan.

 

Walau dipartisi dengan opsi teknologi, namun RX tetap mewarisi konsep Lexus yang perfeksionis. Semuanya mobil dikerjakan oleh para Takumi Lexus dengan teliti.

Tampilan luarnya mengedepankan desain gril yang mengadopsi Limitless Grille Design, di mana bodi dan gril menyatu sehingga menciptakan identitas autentik baru Lexus yaitu Spindle Body.
The All New Lexus RX juga sudah semakin modern berkat telah disematkannya 3-LED headlight with Adaptive High-Beam System (AHS) yang kini hadir dalam corak warna hitam.
Bagian dalam tentu dijejali dengan berbagai teknologi terkini yang menyokong kenyamanan pengemudi dan juga penumpang di dalamnya.
Perwujudannya dituangkan dalam Human Centered Technology terlihat melalui konsep Tazuna Cockpit atau Driving-focused cockpit yang memiliki tiga poin keunggulan yaitu Eyes on the Road, Hands on the Wheel, dan Intuitive Interface sehingga memberikan kemudahan pengemudi untuk tetap fokus saat berkendara.

Kenyamanan kabin semakin lekat dengan kehadiran 21 speaker dari Mark Levinson Sound System, Electric Reclining Rear Seats, Multi-color Ambient Illumination, dan 14-inch Touch Screen Multimedia Display yang terbesar dikelasnya.

Lexus menambahkan fitur Safe Exit Assist (SEA), salah satu fitur keselamatan di mana pintu baru bisa terbuka apabila kondisi benar-benar baik dan aman.
Seluruh varian RX ini juga sudah dilengkapi dengan asisten berbasis kecerdasan buatan dengan sistem perintah suara, Apple Carplay nirkabel, Android Auto dengan kabel, HUD, dan pengisi daya nirkabel.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien22 jam laluBeritaDuel Pabrikan China, BYD Dan Geely Siapkan PHEV Dengan Jarak Tempuh 2.000 km01 April 2024BeritaSurvey di Amerika Serikat, Mobil Listrik Ternyata Bukanlah Mobil Paling Ramah Lingkungan04 March 2024BeritaBakal Dijual 2027 Dengan Harga Rp 800 Jutaan, Mitsubishi Pajero Terbaru Mengusung Mesin PHEV15 February 2024

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

Mobil ListrikHanya Dalam 4 Bulan, Tesla Cybertruck Lampaui Prestasi Setahun GMC Hummer EV 2 jam laluBerita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 16 jam laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien22 jam laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China1 hari laluBeritaChery Omoda 7 Segera Debut Di Beijing Auto Show 20241 hari laluTipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak1 hari laluBeritaSuzuki Jimny 5-door Dikirim Ke Konsumen Di Seluruh Penjuru Negeri1 hari laluBeritaAzdome, Dashcam Canggih Nan Terjangkau Untuk Tingkatkan Keamanan Berkendara1 hari lalu