Jeep Ucapkan Selamat Tinggal Untuk V8

 Suryo Sudjatmiko    17 November, 2023
Berita

OTODRIVER - Mesin V8 merupakan salah satu gambaran dari wajah otomotif Amerika. Dan selama beberapa dekade, pabrikan mobil AS mencatatkan diri sebagai pembuat dan pengguna mesin V8 terbesar yang pernah ada di kolong Langit.

Namun sepertinya V8 di industri otomotif AS sudah menuju koridor untuk sampai di masanya.

Jeep, salah satu brand AS yang cukup punya pengaruh global menyampaikan bahwa Wagoneer dan Grand Wagoneer bahwa mulai 2024 nanti kedua tidak akan menggunakan jenis mesin dengan delapan busi ini.

Sebagai gantinya mereka akan menggunakan mesin Hurricane 3.0 liter enam silinder inline twin turbo yang memghasilkan daya 420 hp dan torsi 635 Nm.

Mesin ini mengantikan HEMI V8 5,7 liter untuk Wagoneer dan HEMI V8 6.4 liter yang menghuni enginebay Grand Wagoneer yang ada saat ini.

Seperti dikutip dari carscoops, Jeep mengatakan bahwa mesin 6 silindernya ini lebih 15% lebih efisien daripada V8 sebelumnya. Tidak terlalu bombastis, namun setidaknya lebih baik dari sisi efisiensi.

Kembali ke mesin Huricane 6 silinder baru itu, khusus Grand Wagoneer Jeep akan melakukan detune mesin hingga mampu diperah lebih besar, tepatnya 510 hp dan torsi 678 Nm.

Hanya saja untuk output pada Grand Wagoneer ini belum dijelaskan seberapa beda efisensi dibandingkan dengan yang digunakan pada Wagoneer.

Trend menanggalkan mesin V8 atas nama efiseinsi ini sebelumnya sudah dilakukan salah satunya oleh Toyota yang menanggalkan mesin V8 pada jajaran SUV dan pikapnya. Mereka digantikan oleh mesin V6 yang diklaim lebih irit dan ramah lingkungan. (SS)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaBAIC Bersiap Masuk Indonesia. Bawa Rival Jeep Wrangler?25 March 2024BeritaPeraturan Emisi Yang Ketat Membuat Jeep Mengurangi 2.000 Lebih Karyawan Mereka11 December 2023BeritaJeep Recall Puluhan Ribu Wrangler 4xe Plug-in Hybrid di Seluruh Dunia Karena Hal Ini 25 November 2023Mobil ListrikStellantis Luncurkan 47 Model Listrik Baru Hingga 2024, Termasuk Jeep, Peugeot Hingga Maserati10 October 2023

Trending

BYD Luncurkan Blade Baterai Gen 2 Bulan Agustus Nanti, Ini Keunggulannya
500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Sukses Jualan EV9, KIA Segera Rilis EV3,EV5 dan Belasan EV Lainnya
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Suzuki Jimny Sodorkan Godaan Berwujud Pikap

Berita Terbaru

BeritaNissan Silvia Bakal Terlahir Kembali Sebagai Sebuah EV?6 jam laluBeritaGeber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?9 jam laluCrash TestVIDEO: Crash Test Toyota All New C-HR (Euro NCAP)11 jam laluBeritaToyota Hilux EV Dipamerkan Sebagai Angkot20 jam laluBeritaMercedes-EQ EQS Facelift Meluncur, Jarak Range Tembus 822 Km1 hari laluMobil ListrikPenjualan Tesla Lebih Buruk Dari Pandemi, Apa Masalahnya?1 hari laluBeritaPresiden AS Diminta Boikot EV China, Ini Alasannya1 hari laluBeritaJasa Marga: Kurang Saldo E-Toll Tidak Bisa Pinjam Kartu Lain1 hari lalu