Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Mobil Terbang Akan Jadi Kendaraan di Ibu Kota Baru Indonesia

IKN Nusantara akan menghadirkan Advanced Air Mobility (AAM) alias mobil terbang. AAM adalah salah satu divisi di Hyundai Motor Company.
Berita - Sabtu, 26 November 2022 10:00 WIB
Penulis : Gemilang Isromi Nuar


Pemerintah telah resmi memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) ke Pulau Kalimantan. Dalam pembangunanya IKN akan menerapkan teknologi terbaru terutama dalam kendaraan.

Hal ini dilakuakan setelah, Hyundai Indonesia dan Badan Otorita IKN Nusantara akan menghadirkan Advanced Air Mobility (AAM) alias mobil terbang. AAM adalah salah satu divisi di Hyundai Motor Company.

"Ini bukan sekadar bikin mobil, Advanced Air Mobility adalah salah satu bentuk transportasi orang berbasis udara yang dimiliki Hyundai," kata General Manager Marketing Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Astrid Ariani Wijana di Jakarta, Kamis, (24/11).

BACA JUGA

Sebelumnya, mobil terbang bukan hal yang baru di Indonesia. Prestige Aviation selaku penjual mobil terbang ini mengatakan bahwa pihaknya telah menjual satu unit Ehang 216 pada perusahaan layanan pengiriman barang Black Stone Cargo Airline.

“Adanya transportasi udara yang memfasilitasi mobilitas antar-pulau akan membantu pertumbuhan perekonomian tiap daerah, apalagi cost yang dikeluarkan itu terbilang murah dibandingkan dengan menempuh perjalanan melalui jalur darat,” kata Rudy Salim, Executive Chairman Prestige Aviation.

Mobil terbang ini menggunakan tenaga listrik untuk menggerakkan 8 baling-baling dan mampu menjangkau jarak 35km dengan kecepatan maksimal 130 km/jam.

Sementara itu, di Indonesia saat ini belum ada regulasi yang mengatur soal kendaraan otonom. Mobil otonom sebelumnya hanya sebatas impian.

"Hyundai sudah ada prototype-nya mobil terbang. Dulu itu hanya mimpi nyatanya sekarang sudah ada, tetapi berkaitan dengan aturan-aturan tentang autonomous itu kita sedang kita atur. Karena nanti di ibu kota baru juga di IKN ada kebijakan menggunakan autonomous. Itu nanti regulasi pasti akan kita atur. Karena regulasi yang mengatur tentang kendaraan listrik pun juga banyak, autonomous pun sama," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno dalam sebuah diskusi yang ditayangkan di YouTube Ditjen Perhubungan Darat.


Tags Terkait :
IKN Hyundai Mobil Terbang
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Artikel Terkait

Berita
Ikuti Kemajuan Teknologi, IKN Akan Uji Coba Mobil Otonom dan Taksi Terbang

10 bulan yang lalu


Berita
Tepatkah Penerapan Mobil Terbang di Indonesia?

1 tahun yang lalu


Berita
Mobil Terbang Uji Coba di Ibu Kota Negara Baru pada 2024

1 tahun yang lalu


Berita
Mobil Terbang Akan Jadi Kendaraan di Ibu Kota Baru Indonesia

1 tahun yang lalu


Berita
Kementerian ESDM: Transaksi Di SPKLU Naik Lima Kali Lipat

2 bulan yang lalu


Berita
Mitsubishi L100 EV Tawarkan Biaya Operasional Jauh Lebih Ringan dan Juga Bisa Dirental

4 bulan yang lalu


Berita
Menarik! Beli Mitsubishi L100 Bisa Pakai Skema Sewa

4 bulan yang lalu


Berita
Mitsubishi L100 Rilis Perdana Dengan Harga Rp300 Jutaan

4 bulan yang lalu


Terkini

Berita
BMW M5 G90 Resmi Debut Dunia, Bobot Hampir 2,5 Ton

5 jam yang lalu


Berita
Chery Fulwin T10 SUV PHEV Mewah Berbanderol Rp 400 Jutaan Siap Meluncur

6 jam yang lalu


Tips
Ketahui Cara Jumper Aki Mobil Yang Aman Dan Benar

10 jam yang lalu


Berita
BYD: Sudah Tidak Ada Keterlambatan Delivery Lagi

11 jam yang lalu


Berita
Mengenal Merek Kalista Yang Akan Hadir DI GIIAS 2024, Punya Produk Double Cabin Listrik!

11 jam yang lalu