Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Hyundai Ioniq 5 Akan Dijadikan Mobil Otonom

Motional akan meluncurkan layanan ride-hailing tanpa pengemudi di Los Angeles, dengan menggunakan Hyundai Ioniq 5.
Berita - Minggu, 20 November 2022 09:00 WIB
Penulis : Gemilang Isromi Nuar


Saat ini kendaraan yang menggunakan kombinasi sensor keselamatan, kamera, dan kecerdasan buatan (AI) untuk melakukan perjalanan tanpa pengemudi manusia terus berkembang. Lyft dan perusahaan teknologi kendaraan otonom, Motional akan meluncurkan layanan ride-hailing tanpa pengemudi di Los Angeles, dengan menggunakan Hyundai Ioniq 5.
 
Dilansir dari CarScoops, Sabtu (19/11), kedua perusahaan tersebut sudah melakukan perjalanan umum di Ioniq 5 di seluruh Las Vegas, Amerika Serikat (AS). 

"Ini adalah langkah yang menarik untuk Motional dan Lyft karena kami membawa robotaxis ke pengendara Lyft di Los Angeles untuk pertama kalinya,"  kata Presiden dan Kepala Eksekutif Motional, Karl Iagnemma.

BACA JUGA

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Lyft, mereka mengungkapkan bahwa orang-orang di California memiliki minat yang lebih tinggi pada kendaraan otonom dibandingkan dengan negara lain dan menjadikannya pasar yang menarik untuk meluncurkan teknologi semacam itu. Sebelumnya, perusahaan yang mengembangkan dan menguji mobil otonom ada Audi, BMW, Ford, General Motors, Tesla, Volkswagen, dan Volvo.

Cara Kerja Mobil Otonom

Dikutip dari lp2m.uma, Teknologi AI menggerakkan sistem mobil self-driving. Pengembang mobil self-driving menggunakan sejumlah besar data dari sistem pengenalan gambar, bersama dengan pembelajaran mesin dan jaringan saraf, untuk membangun sistem yang dapat mengemudi secara mandiri.

Jaringan saraf mengidentifikasi pola dalam data, yang diumpankan ke algoritme pembelajaran mesin. Data itu termasuk gambar dari kamera pada mobil self-driving dari mana jaringan saraf belajar untuk mengidentifikasi lampu lalu lintas, pohon, trotoar, pejalan kaki, rambu jalan dan bagian lain dari lingkungan mengemudi tertentu.

Mobil otonom harus belajar mengidentifikasi objek yang tak terhitung jumlahnya di jalur kendaraan, dari cabang dan sampah hingga hewan dan manusia. Tantangan lain di jalan adalah terowongan yang mengganggu Global Positioning System (GPS), proyek konstruksi yang menyebabkan perubahan jalur atau keputusan kompleks, seperti di mana harus berhenti untuk memungkinkan kendaraan darurat lewat.

Terdapat Pro Kontra

Secara teori, jika sebagian besar jalan dipenuhi oleh mobil otonom, lalu lintas akan lancar, dan kemacetan lalu lintas akan berkurang. Dalam mobil yang sepenuhnya otomatis, penumpang dapat melakukan aktivitas produktif saat bepergian ke tempat kerja. 

Kelemahan dari teknologi self-driving bisa jadi bahwa mengendarai kendaraan tanpa pengemudi di belakang kemudi mungkin menakutkan. Dalam satu contoh dari Maret 2018, kendaraan sport utility vehicle (SUV) Model X Tesla berada dalam mode autopilot ketika menabrak pembatas jalur jalan raya. Tabrakan lain terjadi ketika AI Tesla salah mengira sisi pantulan truk yang mengilap sebagai langit.


Tags Terkait :
Mobil Otonom Ioniq 5 Mobil Self-driving
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Hyundai Ioniq 5 Akan Dijadikan Mobil Otonom

1 tahun yang lalu


Mobil Listrik
Hyundai dan Motional Produksi Ioniq 5 Robotaxi di Singapura

7 bulan yang lalu


Berita
Ikuti Kemajuan Teknologi, IKN Akan Uji Coba Mobil Otonom dan Taksi Terbang

11 bulan yang lalu


Berita
Melihat Dekat Namyang R&D, Pusat Pengembangan Hyundai Motor Group

11 bulan yang lalu


Berita
Teknologi Otonom Nyaris Mustahil Kata BYD, Mengapa Demikian?

1 tahun yang lalu


Berita
Dapat Suntikan Dana Segar, Hyundai Rencanakan Hal Rahasia Ini

1 tahun yang lalu


Berita
Robotaxi Berbasis Hyundai Ioniq 5 Sudah Dioperasikan, Berikut Impresinya

1 tahun yang lalu


Berita
Mengintip Rencana dan Mobil Baru Hyundai di 2023

1 tahun yang lalu


Terkini

Berita
Tak Hanya Kalista, Geely Radar RD6 Bakal Hadir Juga Di Thailand Dengan Label Riddara

4 jam yang lalu


Berita
GWM Tank 300 Semakin Dekat Dengan Indonesia

5 jam yang lalu


Berita
Konsumen Pajero Sport-Fortuner Mulai Bergeser Ke Kijang Innova Zenix

7 jam yang lalu


Berita
Kona EV Yang Meluncur di GIIAS Sudah Menggunakan Baterai Produksi Lokal

8 jam yang lalu


Test Drive
Test Drive Citroen E-C3: Acung Jempol Untuk Kenyamanannya

11 jam yang lalu