Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Intip Spek Hyundai Ioniq 5. Sudah Ada Di Indonesia

Keren, Ioniq 5 merupakan gabungan desain modern dan klasik yang hadir dalam satu bentuk mobil
Berita - Kamis, 28 Oktober 2021 09:55 WIB
Penulis : Suryo Sudjatmiko


Salah satu yang paling menarik dalam “The Future Electric Vehicle Ecosystem for Indonesia” di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta beberapa waktu lalu adalah sosok Ioniq 5, EV terbaru dari Hyundai yang cukup fenomenal.

Walau sudah mulai dijajakan sejak April silam, walau sosok tersebut sudah dipamerkan dan berhembus kabar rencana produksinya, namun pihak Hyundai masih malu-malu mengirimkan sinyal mengenai peran Ioniq 5 di tanah air.

BACA JUGA

Sejujurnya kami sedikit terhenyak saat melihat langsung mobil ini lantaran ukurannya yang lebih besar dari yang kami perkirakan. Mobil ini punya dimensi (PxLxT) 4.635 mm x 1.890 mm x 1.603 mm dan wheelbase 3.000 mm. Ukuran ini cukup masif jika dibandingkan dengan dimensi Kona Electric (PxLxT) 4.180 mm  x 1.800 mm  x 1.570 mm dengan wheelbase 2.600 mm. Walau demikian dengan lampu unik  ini masih dimasukkan dalam kategori compact crossover SUV.

Dari sisi desain, Ioniq 5 pun punya daya pikat tersendiri, dengan memasukkan unsur desain retro sekilas tampilannya bodinya mengingatkan kita pada sosok Lancia Delta, terutama tarikan desain di bagian belakangnya.

Pada bagian mukanya membulat pada tiap ujung bonetnya. Secara umum Hyundai dengan cerdas mengintegrasinya dengan bagian belakang yang cenderung mengkotak dengan kehadiran lampu utama yang mengkotak. Walau memiliki benih desain klasik, namun kehadiran pelek besar 20 inci dengan ornamen jaring seolah jadi jembatan dunia klasik dan modern.

Secara desain mobil ini syarat dengan gaya art-deco yang memang mengawinkan unsur menyudut dan kurva membulat. Lima garis pada sidemouldingnya semakin memperkuat karakternya.

Mobil diklaim memiliki kecepatan puncak 185 km ini menjadi sangat istimewa lantaran mobil pertama yang menggunakan platform E-GMP (Electric Global Modular Platform). Platform inilah yang nantinya sakaguru bagi mobil-mobil listrik Hyundai di masa depan.

Pada dasarnya dari mobil ini adalah penggerak roda belakang dengan motor listrik yang ditanam untuk menggerakkan kedua roda belakangnya. Namun Hyundai pun memberikan opsi untuk Ioniq 5 AWD yakni dengan menambahkan satu motor listrik pada bagian depannya.

Sedangkan kerangka bagian tengah mobil ini diisi dengan baterai dengan pilihan 58 hingga 77.4 kWh yang memungkinkannya untuk menempuh jarak lebih dari 480 km. Untuk pasar Indonesia, dipastikan Hyundai akan menggunakan standar model charger  DC Charging Combo Type CCS2. Mobil ini bisa melakukan fast charging dengan kapasitas baterai 10-85% dalam 18 menit saja.

Lalu kapankah mobil ini akan benar-benar mengaspal di Indonesia?


Tags Terkait :
Hyundai Ioniq5 EV
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Hyundai Perkenalkan Ioniq 5 N Versi Balap Pikes Peak

1 bulan yang lalu


Berita
Toyota Akan Hadirkan SUV High Performance Berlabel GR

1 bulan yang lalu


Berita
Hyundai All New Kona EV Dan Ioniq 5 N Dipastikan Masuk Tahun Ini Ke Indonesia

1 bulan yang lalu


Berita
Hyundai N Brand Lahir Dari Ajang WRC

2 bulan yang lalu


Terkini

Berita
Mazda Suntik Mati MX-5 Miata 2.0 Liter. Sisakan Versi Mesin 1.5 Liter

1 jam yang lalu


Berita
Aito Diakusisi DFSK Seres, Aito M9 dan M7 Siap Mejeng di GIIAS 2024

14 jam yang lalu


Berita
Skema Kredit Innova Hybrid Tipe Tertinggi Menggiurkan, Cicilannya Mulai Rp 15 Jutaan

18 jam yang lalu


Berita
Perdana, Isuzu Bawa Elf Listrik di GIIAS 2024

19 jam yang lalu


Berita
Toyota Kijang Innova Reborn Tetap Eksis, Akan Ada Upgrade Untuk Ikuti Jaman?

19 jam yang lalu