Hyundai Staria Tidak Akan Geser Dominasi Toyota Alphard

 Aditya Widiutomo    27 August, 2021
Berita

Hyundai Staria baru saja diluncurkan di tanah air dan banyak pihak yang menggadang-gadangnya sebagai penjegal Toyota Alphard. Apakah penantang baru ini cukup punya kemampuan untuk itu?

Kita lihat kilas balik Alphard terlebih dahulu di Indonesia. Toyota Alphard pertama kali dihadirkan di tahun 2003. Hingga saat ini terhitung tiga generasi Alphard hadir di Indonesia dan popularitasnya semakin meroket di kalangan atas sejak kemunculan Alphard generasi ke-2

 

‘Identitas orang kaya’. Mungkin kata tersebut pantas disandang oleh Alphard. Bahkan, MPV ini tampaknya menjadi wajib bagi kalangan artis ternama, pejabat hingga golongan atas. Dengan begitu, dapat disimpulkan harga Alphard bukanlah menjadi masalah bagi konsumennya.

Lantas, bagaimana dengan Hyundai Staria?  Pihak Hyundai tidak mengklaim Staria bakal menjadi pengganggu hegemoni Alphard. Statusnya sebagai MPV premium menjadikan mobil ini masuk dalam gelanggang yang sama dan punya cukup kesempatan mengambil potongan market yang selama ini didominasi Alphard.

Dilihat dari latar belakangnya, Hyundai Staria mirip dengan Mercedes-Benz V-Class. MPV Three Pointed Star ini tak lain merupakan sebuah luxury MPV yang dibiakkan dalam wadah yang sama dengan van komersial. Berbicara masalah V-Class, MPV ini sudah cukup lama hadir di Indonesia. Dan mampukah V-Class melibas Toyota Alphard dari segi penjualan? Sampai saat ini jawabannya belum. 

Interior Hyundai StariaInterior Toyota Alphard

Langsung saja kita bahas apa saja hal yang diusung oleh Staria. Memang tidak bisa dipungkiri, desain eksterior Staria out of the box. Seakan-akan MPV ini datang dari masa depan. Dan yang menarik, beberapa emblem mobil ini mengusung bahan perunggu yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya. Melongok ke dalam kabinnya Hyundai menjejalinya dengan instrument cluster digital, headunit floating, sunroof dua buah, dan captain seat yang dilengkapi dengan heater seat dan cooling seat. Mungkin fitur ini cukup outstanding. Tapi dalam pandangan kami, desain interior Staria tak semewah Alphard.

Walau punya kemampuan namun sepertinya kehadiran Staria belumlah bisa menggeser dominasi sang penguasa segmen. Label sebagai mobil  'wong sugih'  sepertinya masih cukup melekat erat pada sosok Alphard, setidaknya untuk saat ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaMudik In Style 2024, Plus-Minus Stargazer X Ketika Melahap Lintas Sumatera1 hari laluBeritaHyundai N Brand Lahir Dari Ajang WRC18 April 2024Mobil ListrikKia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China17 April 2024BeritaInterior Hyundai Creta EV Terkuak, Mirip Dengan All New Kona Electric16 April 2024

Trending

Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?

Berita Terbaru

BeritaOmoda E5 Tabrak Tembok Di Mall, Mungkin Ini Penyebabnya?6 jam laluBeritaAda Apa Saja di Periklindo Electric Vehicle Show 2024? Ini Bocorannya7 jam laluBeritaSUV Honda Laris Manis Selama Lebaran, BR-V Sampai HR-V Laku Ribuan Unit8 jam laluBeritaKalah Pamor Dengan SUV, Subaru Legacy Selesai Setelah Berkiprah 36 Tahun9 jam laluBeritaFirst Drive : GWM Poer Sahar PHEV, Pikap Mewah Nan Buas10 jam laluBeritaFirst Drive: GWM Tank 300 Hybrid. A Game Changer?11 jam laluBeritaInilah Ragam Keseruan di Motomobi News Karnaval 202413 jam laluDaftar HargaDaftar Harga WULING Terbaru (April 2024)14 jam lalu