Membandingkan Impresi Mengemudi Hyundai Stargazer dengan Mitsubishi Xpander

 Ahmad Biondi    05 September, 2022
Komparasi

Hyundai Stargazer yang baru diluncurkan di GIIAS 2022 tergolong mobil yang mudah diterima di masyarakat Indonesia. Pasalnya hanya membutuhkan waktu sebentar saja, pihak Hyundai langsung mengonfirmasikan bahwa pemesanan mobil tersebut sudah tembus 4.000 SPK.

Lantas karena cukup menarik, OtoDriver merasa senang saat pihak PT Hyundai Motor Indonesia mengajak kami untuk mencoba performanya langsung di jalan raya pada 31 Agustus hingga 2 September 2022.

Dalam event media test drive yang berlangsung tiga hari dua malam, kami diberi kesempatan menguji performanya dengan rute Surabaya-Malang, Malang-Solo. Kebetulan kami mendapatkan porsi mengemudi yang paling banyak sehingga bisa memberikan impresinya kepada Anda.

Untuk pengujian kali ini, kami langsung membandingkannya dengan Mitsubishi Xpander yang memang satu gelanggang dengan Stargazer. Dalam pengujiannya, kami juga merasakan ada plus-minus antara Stargazer dengan Xpander.

Sebagai permulaan, kami ingin mengomentari keunggulan Stargazernya terlebih dahulu. Kami menyukai fitur bluelink yang dimilikinya, bahkan bisa mendinginkan kabin dari jarak jauh dengan bantuan smart phone. Kemudian untuk masing-masing tipe tertinggi, Stargazer sudah dilengkapi dengan jok kulit dan captain seat, tidak seperti Xpander.

Lantas untuk pengendaliannya, kami menyukai setingan pengaturan kursi dan setir yang lengkap. Ditambah desain setir yang nyaman digenggam dan tergolong cukup ringan ketika bermanuver. Selain itu mobil ini juga tergolong memiliki pengendalian yang baik. Bahkan dalam pengujian hingga 150 km/jam, kami merasa Stargazer terasa lebih nyaman dan tidak memantul berlebihan saat melewati jalan yang bumpy.

Selain itu ketika hendak menikung tajam, Stargazer juga tergolong minim limbung. Dan terasa lebih mudah dikendalikan ketimbang Xpander. Apalagi transmisi iVT yang dimilikinya tergolong lebih responsif.

Meski begitu, ada beberapa hal yang menurut kami lebih baik Xpander ketimbang Stargazer. Seperti halnya redaman suspensi ketika hendak melewati jalan yang berpermukaan kasar, dalam hal ini Xpander terasa lebih nyaman berkat redaman yang baik.

Di samping itu mengemudikan Xpander terasa lebih mudah berkat minimnya blind spot. Berbeda denga Stargazer yang memiliki dasbor tinggi dan blind spot yang banyak pada bagian bodi samping. Hal ini membuat Xpander lebih mudah dikemudikan saat masuk ke jalan yang sempit atau perkotaan.

Kemudian Xpander juga terasa lebih baik dalam hal kekedapan kabin. Apalagi kami sempat merasa Stargazer masih mudah mencium aroma dari luar meski sirkulasi AC sudah diatur untuk hembusan di dalam kabin saja.

Selebihnya, mungkin Anda bisa memilih mana yang lebih menarik dalam hal desain karena itu merupakan soal selera. Bagi kami keduanya cukup menarik dan terasa lebih menyenangkan ketimbang Avanza.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaHyundai N Brand Lahir Dari Ajang WRC21 jam laluMobil ListrikKia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China1 hari laluBeritaInterior Hyundai Creta EV Terkuak, Mirip Dengan All New Kona Electric3 hari laluBeritaSPY SHOT: Hyundai Creta Facelift Di Indonesia5 hari lalu

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Toyota Startlet Reborn Bakal Berwujud Mobil Listrik

Berita Terbaru

BeritaChery Omoda 7 Segera Debut Di Beijing Auto Show 202453 menit laluTipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak1 jam laluBeritaSuzuki Jimny 5-door Dikirim Ke Konsumen Di Seluruh Penjuru Negeri13 jam laluBeritaAzdome, Dashcam Canggih Nan Terjangkau Untuk Tingkatkan Keamanan Berkendara16 jam laluBeritaHyundai N Brand Lahir Dari Ajang WRC21 jam laluBeritaTransaksi di SPKLU Naik Drastis Selama Musim Arus Mudik Dan Balik23 jam laluBeritaSPY SHOT: BYD Double Cabin Terlihat Lebih Jelas1 hari laluTipsPasca Mobil Dibawa Mudik, Hal Ini Kerap Terjadi1 hari lalu