Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Mengapa Honda Mobilio Sulit Kalahkan Penjualan Avanza?

Dibangun lebih modern, lega dan fun to drive, nyatanya Honda Mobilio masih sulit mengalahkan keperkasaan Toyota Avanza dalam angka penjualan. Kenapa?
Berita - Jumat, 3 Februari 2017 13:00 WIB
Penulis : Fitra Eri


Kami sudah pernah melakukan tes lengkap terhadap Toyota Avanza serta Honda Mobilio. Jika Anda melihat videonya di channel Youtube "Oto Driver", maka Anda akan melihat kalau Mobilio memiliki teknologi lebih modern, ruang lebih lega serta lebih asyik dikendarai. Tapi kenapa hingga saat ini penjualannya di Indonesia belum bisa mengalahkan Toyota Avanza?

Di sela-sela kegiatan Media Test Drive Honda New Mobilio, kami menanyakan hal itu pada pihak Honda Prospect Motor (HPM). Meski angka penjualannya dinilai sangat bagus, HPM tetap mengakui kalau angka penjualan Mobilio masih di bawah Avanza. Tapi mereka menilai sudah tahu penyebabnya.

BACA JUGA

Honda Mobilio 2017

Menurut Jonfis, hampir 50 persen pasar Low MPV diambil oleh pasar fleet. "Sekali pesan mereka (pengusaha) bisa lebih dari 1.000 mobil. Makanya walaupun produk kami (Mobilio) diterima sangat baik oleh konsumen, fleet merupakan salah satu kunci bila berbicara total penjualan."

Itu sebabnya Mobilio sulit mengalahkan kedigdayaan penjualan Avanza. Tapi di sisi lain, sejumlah mobil mereka seperti Jazz, Civic, BR-V, HR-V dan CR-V merajai kelasnya masing-masing untuk angka penjualan. "Kelas LMPV ini saja yang memang agak unik karakternya," tambah pria jangkung itu.

Di lain sisi, Jonfis menyatakan kalau beberapa saat terakhir Honda mulai menguatkan sisi penjualan fleet. Tim di dalam HPM sudah menemukan formulasi untuk membuat produk Honda semakin menarik bagi pengusaha. "Ada beberapa strategi yang akan kami jalankan ke depannya untuk membesarkan pasar fleet," tandas Jonfis.

Honda sendiri sejak pertama hadir di Indonesia merupakan merek Jepang yang tidak terlalu berkonsentrasi pada pasar fleet. Bahkan seringkali produk mereka dibuat lebih mewah dan asyik dikendarai untuk memikat konsumen yang memakainya langsung. Padahal 2 hal itu bukan merupakan konsideran dalam pembelian mobil perusahaan. 

Honda Mobilio 2017 sendiri memiliki 3 varian kemewahan yakni S, E dan RS. Nah, tipe S inilah yang kelihatannya disiapkan untuk menggoda konsumen fleet. Maka dari itu saat test drive media di Bali hari ini, Honda hanya menyediakan tipe RS dan E CVT yang merupakan favorit end user.


Tags Terkait :
Honda Mobilio
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Artikel Terkait

Berita
Honda Malaysia Luncurkan City Special Edition, Bagaimana Dengan Di Indonesia?

2 hari yang lalu


Berita
Skema Kredit Brio Satya Termurah, Cicilannya Cuma Rp 2 Jutaan

1 bulan yang lalu


Berita
Ajang Otomotif Yang ke-6 Ini , Jadi Tempat Guyup Komunitas dan Pameran Mobil Listrik Hingga Klasik

1 bulan yang lalu


Berita
Suzuki Ignis Tak Lagi Dijual, Simak Perbandingan Spesifikasi Dengan Honda Brio RS

2 bulan yang lalu


Terkini

Berita
Fix, All New Hyundai Santa Fe Masuk Indonesia Dengan Skema CKD

7 jam yang lalu


Berita
Tak Akan Ada Lagi Mesin Diesel Untuk Next Gen Toyota Fortuner. Benarkah Demikian?

8 jam yang lalu


Berita
Hyundai All New Kona Electrik Rakitan Indonesia Punya Baterai Lebih Besar Dari Versi Global

9 jam yang lalu


Berita
Foto-Foto Mobil Keren di IMX 2024

11 jam yang lalu


Tips
Konsekuensi Mobil Diesel Gunakan Solar Subsidi

19 jam yang lalu