TIPS: Ketahui 5 Ciri Alternator Bermasalah

TIPS: Ketahui 5 Ciri Alternator Bermasalah

Alternator sebagai pengisi daya listrik baterai alias aki tentu punya peran sangat vital. Bayangkan jika komponen satu ini rusak, maka dipastikan daya listrik di mobil lemah dan berbagai perangkat mobil tak bekerja, bahkan mobil pun bisa saja tak mau menyala.

Maka sebaiknya Anda mengetahui tanda-tanda alternator yang mulai bermasalah. Sebab, walau mobil tergolong baru, karena berbagai hal bukan tak mungkin alternator jadi rusak. Eko selaku mekanik spesialis komponen kelistrikan mobil dari bengkel Galeri Alternator memberikan panduan mengecek alternator yang rusak seperti yang ada di bawah ini. Mari simak satu-persatu.

 

1. Suara berisik dari balik kap mesin
Alternator yang memiliki motor penggerak sebagai komponen utama dan tersambung dengan sabuk karet, bisa saja mengalami keausan karena kotor. Hal ini bsa menyebabkan bearing alternator mengalami kerusakan atau putusnya diode rectifier alternator. Cirinya adalah suara sangat berisik ketika mobil kondisi netral.

2. Lampu redup
Ketika malam dan sorot lampu mengalami keredupan bisa saja tanda bahwa suplai listrik dari alternator ke aki mulai melemah. Sehingga lampu pun meredup karena arus listriknya kecil.

 

3. Mobil sulit menyala
Menurut pria yang workshop-nya berlokasi di daerah Haji Nawi Raya, Jakarta Selatan ini, sulitnya mobil untuk menyala ketika distarter karena lemahnya listik di aki. Sebabnya aki hanya mendapat suplai listrik yang sangat kecil dari alternator.

4. Aki baru, tapi mobil tetap mogok
Walau aki sudah diganti baru tapi mobil tetap tak mau menyala, bisa dipastikan alternator yang rusak adalah sumber masalahnya.

5. Indikator aki menyala
Cara paling mudah mengetahui alternator rusak adalah dengan memantau indikator. Jika lambang aki menyala terus, maka bisa jadi komponen kelistrikan tersebut bermasalah, bisa jadi sumber permasalahan dari alternator.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com