TIPS: Ingin Melintasi Pasir? Kempiskan Ban

TIPS: Ingin Melintasi Pasir? Kempiskan Ban

Mengarungi trek padang pasir dengan mobil ternyata memiliki satu syarat yang wajib diketahui. Supaya mendapat traksi yang lebih baik, sebaiknya tekanan angin pda keempat ban dikurangi.

Hal tersebut langsung kami buktikan dengan mengujinya langsung di gurun pasir Al-Khatim, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (22/4). Dengan menggunakan sebuah Toyota Land Cruiser spek standar saja ternyata belum mumpuni untuk mengarungi padang pasir.

 

Danu

 

"Untuk melintasi padang pasir tekanan ban sebaiknya dikurangi sampai maksimal hanya tinggal 16 psi," seru Qomar, pemandu sekaligus pengemudi kawakan yang biasa membawa wisatawan berwisata Safari Dessert. Normalnya mobil memiliki tekanan ban 30-32 psi.

Masih menurut pria berdarah India itu, hal tersebut wajib dilakukan agar keempat ban mobil punya traksi yang baik terhadap pasir permukaan pasir yang bersifat memendam ban mobil.

Sebab, jika ban mobil tetap tak dikurangi tekanan anginnya maka saat ia justru malah "menggali" pasir saat pedal gas diinjak. Hasilnya, mobil yang OtoDriver tumpangi mampu berlari sampai 90 km/jam di berbagai kemiringan gurun pasir, mulai dari yang rata sampai menanjak.

 

Danu

 

Menurut Qomar, sebenarnya untuk melintasi gurun pasir tak harus mobil berpenggerak 4 roda. "Jika pakai mobil berpenggerak depan atau mobil kecil sebenarnya bisa saja, tapi yang penting kurangi dulu tekanan anginnya. Walau tentu saja, mobil 4WD yang paling disarankan untuk melewati pasir," tutupnya.

Setelah melintasi padang pasir dan kembali bertemu jalanan rata atau aspal, sebaiknya segera kembalikan tekanan angin keempat ban ke kondisi semula. Saat ban yang kempis menggelinding di pasir, ia cenderung tak bersifat merusak dinding ban karena sifat pasir yang lunak. Tak seperti kondisi ban kempis ketika berjalan di aspal yang bisa jadi mengakibatkan kerusakan ban. 

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com