Mobil Transmisi Otomatik Lebih Boros Kampas Rem?

Mobil Transmisi Otomatik Lebih Boros Kampas Rem?

Mobil dengan transmisi otomatik dimitoskan punya kecenderungan boros kampas rem. Karena jika dibandingkan mobil transmisi manual, engine brake akan membantu mengurangi kerja sistem pengereman. Benarkah demikian?

Ternyata iya. Seperti itulah yang dijelaskan Anjar Rosadi selaku Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor yang OtoDriver temui beberapa pekan lalu. 

 

"Transmisi matic lebih benar-benar mengandalkan pengereman untuk mengurangi kecepatan. Karena saat deselarasi, engine brake mobil bertransmisi otomatik karakternya tak sekuat mobil transmisi manual," tukas Anjar.

Maka pedal rem di mobil otomatik yang lebih sering diinjak tentunya menjadikan usia kampas rem lebih cepat tergerus oleh piringan cakram. Tapi bila menilik ke buku manual, pada dasarnya mobil satu jenis namun beda transmisi, jadwal penggantian kampas remnya punya hitungan yang sama.

.

Namun, bagi yang transmisi otomatik sebaiknya lebih sering mengecek kondisi pengereman, terutama ketebalan kampas rem. "Jika pedal rem sudah diinjak tapi mobil masih tetap meluncur dengan berkurangnya kecepatan yang cukup lama, maka itu jadi indikasi kampas rem menipis," ungkap pria jangkung itu.

Sebenarnya pengguna mobil bertransmisi manual pun sebaiknya tetap memperhatikan hal yang sama. Sebab, jika mobil tersebut sering melintasi jalanan menanjak dan menurun tentunya kerja rem semakin keras dan aktif.

Selain itu gaya mengemudi juga jadi pengaruh usia kampas rem. Jika Anda cenderung mengemudi dengan agresif biasanya kampas rem akan cepat habis, tanpa memandang mobil tersebut manual atau otomatik.

Tapi memang secara natural, benar bila mobil bertransmisi otomatis akan lebih cepat menghabiskan kampas rem dibanding manual.

Bila ingin memperpanjang usia kampas rem, Anda bisa melakukan pengereman mesin lebih kuat dengan memasukkan ke posisi gigi rendah saat deselerasi. Tak perlu takut mesin over rev, karena transmisi otomatis saat ini sudah memiliki pengaman. Ia tak akan berpindah lebih rendah lagi jika ditengarai bakal membuat mesin berputar melewati batas.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com