Mau Tingkatkan Head Unit? Jangan Abaikan Tweeter

Mau Tingkatkan Head Unit? Jangan Abaikan Tweeter

Hingga saat ini, banyak pemilik kendaraan baru yang lebih fokus pada head unit, speaker, dan subwoofer ketika membenahi In Car Entertainment (ICE). Namun, banyak yang mengabaikan peran tweeter yang justru merupakan piranti vital.

"Tanpa tweeter, maka suara dengan nada frekuensi tinggi akan sulit didapat, sehingga suara vokal akan terdengar "pincang"," jelas Welly, instalatur kawakan dari gerai audio Sinar Jaya Harmoni di kawasan Letnan Sutopo, Tangerang Selatan (18/10).

Pria ramah ini juga menganjurkan agar posisi tweeter tidak diletakkan di sembarang posisi karena akan mempengaruhi keluaran suara dan nada. "Sebaiknya diletakkan di atas dasbor, tepatnya di sudut kanan dan kiri pilar A (Lihat foto, red)," jelasnya. 

 

Masih menurutnya, untuk arahnya sendiri sebaiknya menuju ke pengemudi atau penumpang depan sehingga dihasilkan suara dengan posisi front staging (Seimbang di depan, red). "Nah, kalau sudah begitu, maka suara yang terdengar akan terdengar seimbang antara vokal dari speaker, bass atau nada frekuensi rendah dari subwoofer, serta nada frekuensi tinggi dari tweeter," bilang Welly lagi.

Welly menambahkan agar konsumen memilih jenis speaker depan model split yang terpisah dari tweeter untuk bisa dipasang di atas dasbor. "Kalau untuk speaker belakang bisa tunjuk model coaxial di mana suara vokal pada speaker dan tweeter menyatu,” jelasnya. Nah, untuk subwoofer sendiri Welly menganjurkan agar diletakkan di kabin belakang yang mengarah ke depan.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com