Mau Ganti Lampu-lampu? Simak Panduannya Berikut ini

Mau Ganti Lampu-lampu? Simak Panduannya Berikut ini

Anda mungkin merasa kurang puas dengan lampu isyarat standar seperti lampu sein, lampu rem maupun lampu kabut atau lampu kabin bawaan pabrikan. Keinginan meng-upgrade lampu standar tersebut menggunakan LED pun menjadi jawabannya. Namun, ada beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan sebelum menggantinya.

Kelebihan lampu LED jika dibandingkan halogen adalah pancaran cahaya yang lebih terang dengan daya lebih kecil. Hal terpenting yang harus diperhatikan saat mengganti lampu sein dan lampu rem adalah memastikan warna lampu pengganti tetap sesuai yang direkomendasikan, yaitu berwarna kuning dan merah. Pasalnya warna tersebut berfungsi sebagai alat komunikasi kepada pengendara lainnya. 

 

Jika warna yang digunakan berbeda tentu akan membuat pengendara lain tidak dapat menangkap isyarat dari masing-masing lampu. Tak hanya itu, sebagai contoh jika lampu sein diganti berwarna putih dapat mengganggu pandangan pengendara lain karena silau. "Jika mengganti lampu sein standar ke LED, hal yang pertama harus dilakukan adalah mengganti flasher agar ritme kedipan tidak menjadi terlalu cepat," ujar Anggi, Teknisi dan Konsultan Axcel Mod distributor Autovision yang berlokasi di lantai 4 Mega Glodok Kemayoran, Jakarta.

Banderol lampu sein LED beserta flasher dipatok Rp 300 ribu saja, sedangkan lampu rem dijual dalam rentang harga Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu. Memilih lampu LED untuk sein dan rem juga wajib dikenali dari jenis kaki lampu yang berbeda-beda pada setiap mobil.

Penggantian lampu kabut untuk mendongkrak penampilan dan visibilitas bagi pengemudi juga memiliki aturan tertentu. "Upgrade untuk fog lamp paling maksimal hingga 25 watt, karena kebanyakan rumah lampu kabut mobil baru terbuat dari plastik. Jika lebih dari itu dikhawatirkan bisa terbakar akibat terlalu panas," tambah Anggi. Dalam penggantian lampu kabut, pilihan terbaik adalah memastikan untuk memilih LED yang berwarna kuning. Lampu berwarna kuning memiliki kemampuan lebih baik dalam menembus kabut maupun hujan saat cuaca buruk.

Saat ini tersedia lampu kabut LED yang dapat diubah warna sesuai kebutuhan pemiliknya. Hal ini tentu memiliki fungsi ganda, tak hanya sebagai pendongkrak tampilan tapi juga memaksimalkan fungsi lampu kabut. Lampu model tersebut dilego seharga Rp 1,5 juta sampai Rp 1,7 juta. Lampu kabin biasanya juga menjadi sasaran bagi yang ingin meng-upgrade ke LED. Hal ini sangat memungkinkan karena juga telah tersedia lampu LED berwarna putih untuk kabin dan pemasangannya cukup mudah tanpa mengubah atau menambahkan komponen lainnya.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com