Mau Ganti Lampu Depan Pakai LED atau HID?

Mau Ganti Lampu Depan Pakai LED atau HID?

Langkah penting yang harus dilakukan adalah mengetahui tipe lampu mobil Anda. Rata-rata mobil baru saat ini sudah dibekali dengan lampu LED maupun HID yang terintegrasi. Contohnya seperti yang ada pada Toyota Fortuner VRZ, sistem projector LED yang digunakan merupakan satu bagian dengan housing lampu sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan penggantian.

Nah, bagi mobil yang menggunakan tipe halogen tentunya masih berkesempatan untuk dilakukan upgrade ke jenis lampu LED maupun HID. Begitu banyak pilihan yang beredar di pasaran terkadang membuat calon konsumen bingung dalam memilih. Anggi, Teknisi Axcel Mod selaku distributor resmi Autovision menjelaskan, "sebaiknya memilih lampu yang berkualitas. Hal ini berpengaruh pada keawetan lampu dan terangnya pancaran cahaya."

 

 

Hal lain yang menjadi faktor penentu juga berasal dari jenis reflektor yang ada pada mobil Anda. Pancaran cahaya LED akan lebih terasa manfaatnya ketika digunakan pada jenis reflektor diamond cut ketimbang jenis proyektor. "Beberapa konsumen yang pernah memasang LED pada lampu projektornya merasa kurang puas," terang Anggi. Jenis projektor membuat lampu harus menembus 2 lapis kaca, sehingga pancaran cahayanya menjadi berkurang atau tertahan. Lebih disarankan untuk menggunakan lampu HID pada mobil yang sudah dibekali projektor sebagai standar, karena intensitas cahaya HID lebih pekat.

Daya lampu juga tidak dapat sembarang memilih. Patut diketahui bahwa lampu menghasilkan panas dan jika menggunakan lampu pengganti dengan watt lebih besar, berpotensi membuat aki mobil cepat soak atau membuat reflektor dan kaca lampu mengalami kerusakan.

Mengapa saat ini banyak pabrikan lebih memilih LED daripada HID? "Pertimbangan berasal dari efisiensi tenaga LED yang lebih baik dari HID, sebab HID biasanya punya watt lebih besar dari LED," jawabnya. Selain itu, LED juga diklaim memiliki durabilitas lebih baik dan pemasangan lebih mudah yang bahkan dapat dilakukan sendiri oleh konsumen. Sedangkan untuk memasang HID, diperlukan tenaga ahli agar tak terjadi kesalahan pemasangan yang dapat mengakibatkan arus pendek hingga berujung kebakaran.

Sebagai tambahan informasi, rentang harga untuk lampu LED dan HID berada di kisaran Rp 800 ribu hingga Rp 2 juta.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com