Honda: Aliansi NO, Kolaborasi YES

Honda: Aliansi NO, Kolaborasi YES

Honda

Saat ini trend merek mobil merger atau melakukan aliansi kian marak. Seperti kita tahu ada banyak merek saling bergabung seperti VW Group, Toyota-Daihatsu, General Motors atau aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Mereka bahkan saling berbagi teknologi dan platform. 

Di tengah derasnya trend tersebut, Honda adalah satu merek besar yang tak beraliansi dengan siapapun. Meski aliansi bisa memperkuat, namun Honda secara tegas menolak ide itu. 

Hal tersebut terkuak saat kami bertanya langsung pada bos nomor satunya di dunia. “Kami tidak ada rencana melakukan aliansi. Tidak akan menjual saham kami ataupun membeli saham merek mobil lain,” tegas Takahiro Hachigo, CEO Honda Motor Co., Ltd yang kami temui di Tokyo pekan ini. 

 

 

 

Honda kelihatannya tak ingin kemurnian DNA mereka dibagi ke perusahaan lain. Tapi meski begitu, Hachigo-San menyatakan Honda tetap terbuka melakukan kolaborasi. 

Kolaborasi di sini adalah kerja sama saling menguntungkan tanpa perlunya ada penggabungan perusahaan. “Sebagai contoh, kami menjalin kerja sama dengan Hitachi untuk beberapa sektor elektrikal. Lantas juga dengan GM untuk pengembangan fuel cell stack,” lanjut Hachigo. 

Hachigo sendiri merupakan sosok yang dinilai serius mempertahankan DNA sport di Honda. Terlihat dengan dibuatnya kembali NSX serta keterlibatan Honda di F1.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Tag

 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com