Apa Kabarnya Jual-Beli Mobil di OLX?

Apa Kabarnya Jual-Beli Mobil di OLX?

Penjualan mobil bekas selama masa pandemi virus Corona di Indonesia mengalami tantangan yang tak mudah. Sama halnya dengan penjualan mobil baru yang mengalami penurunan luar biasa.

Penjualan mobil bekas secara online pun demikian. Padahal pada kondisi umum, bulan Ramadhan biasanya menjadi momentum peningkatan penjualan mobil, menyusul adanya penerimaan Tunjangan Hari Raya bagi sebagian besar karyawan serta kebutuhan masyarakat akan moda transportasi  pribadi menuju kampung halaman saat Hari Raya.

Sayangnya, kondisi yang berbeda harus dihadapi pada Bulan Ramadan tahun ini. Data internal situs jual beli OLX menunjukkan adanya penurunan jumlah permintaan (pencarian) mobil di platform OLX sekitar 40%, di minggu pertama bulan Ramadan (23 April 2020) dibandingkan data pada 5 Maret 2020, beberapa hari setelah kasus covid-19 pertama di Indonesia diumumkan pemerintah. 

Foto: Danu

 

Pada periode yang sama, data juga menunjukkan adanya penurunan sekitar 30 persen pada jumlah listing mobil di platform OLX.
 
"Penurunan ini memang sudah diduga akan terjadi di tengah kondisi perekonomian sebagian besar masyarakat yang terpukul akibat pandemi ini. Menurunnya daya beli masyarakat secara umum serta berubahnya prioritas masyarakat untuk pembelian barang tersier seperti mobil menjadi beberapa penyebab menurunnya jumlah permintaan atas mobil di platform OLX," ujar Ichmeralda Rachman, Direktur Marketing OLX Indonesia.

Dengan adanya ketidakpastian ekonomi ini, OLX memperkirakan kondisi ini akan terus terjadi sepanjang sisa bulan Ramadhan 2020 ini. Situasi ini berbeda dengan Ramadhan 2019 lalu di mana jumlah permintaan terus meningkat hingga minggu ketiga Ramadhan. 

Masih menurut OLX, sejalan dengan jumlah permintaan, jumlah listing pada Ramadan tahun lalu juga sempat mengalami peningkatan dan relatif stabil selama bulan Ramadan 2019.
 

Simak Video : VIDEO: 4 Hal yang Pengaruhi Resale Value

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com