Radiator Almunium Bermasalah? Simak Panduan Reparasinya

Penulis: Suryo Sudjatmiko
Rabu, 22 Mei 2019 14:00 WIB
Used Car - Radiator Almunium Bermasalah? Simak Panduan Reparasinya
Bagikan ke:
Mobil buatan tahun 90-an mulai menggunakan radiator dari bahan almunium.

Reparasi, merupakan bagian yang agak sulit dipisahkan dari sebuah mobil tua atau mobil yang sudah mulai berumur, termasuk mobil bekas. Salah satu yang paling sering terdengar adalah masalah dengan sistem pendingin terlebih berkenaan dengan radiator.

Sebagian mobil uzur menggunakan radiator dengan bahan tembaga, namun mobil yang usianya lebih muda (mobil buatan tahun 90-an) mulai menggunakan radiator dari bahan almunium.

Salah satu ciri radiator almunium bawaan mobil adalah menggunakan kepala penutup (top tank) ataupun penutup bawah (bottom tank) dari bahan plastik. Kedua material ini punya kelemahan yakni getas dan rapuh waktu seiring pemakaian.

“Sebenarnya oleh pabrikan, jenis radiator almunium dirancang untuk tidak direpair alias apabila bagian plastik tersebut rusak , harus diganti dengan unit radiator baru,” terang Ujang dari Gerai Radiator 105 yang buka praktek di bilangan Jati Makmur, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat.

Beli radiator baru, tentu harus rela merogoh kocek lebih dalam  dan biasanya banderol radiator almunium tak terlalu bersahabat dengan kantong. Jika hal itu jadi kendala, maka bisa ditawar dengan menggunakan cara mengganti top tank atau bottom tank dengan material bahan plastik. “Bagian ini banyak dijual, walau bukan merupakan produk orisinal,” lanjut penggemar rokok kretek ini.

“Top tank dan bottom tank plastik ‘generik’ ini merupakan solusi yang tak bisa lagi ditawar. Pilihannya adalah ganti radiator utuh atau gunakan sparepart berbahan plastik tersebut,” tegasnya.

Foto - Radiator Almunium Bermasalah? Simak Panduan Reparasinya
Top Tank dari bahan plastik 

 

“Banyak kejadian di mana bagian ini diganti dengan menggunakan bahan tembaga. Jangan sekali-kali menggunakan cara ini,karena akan membuat umur radiator menjadi lebih pendek. Hal ini disebabkan karena korosi yang disinyalir muncul karena reaksi logam almunium dan tembaga,” wantinya.

Di beberapa kasus yang Ujang temui, sebuah radiator yang diganti dengan cara tersebut rata-rata hanya berumur 6 bulan hingga 1 tahun saja, dan tidak bisa lagi direparasi. “Sedangkan jika dengan tutup berbahan plastik, umur pakainya hingga 4-5 tahun dan apabila terjadi getas lagi, kemungkinan radiator core (badan radiator) dapat digunakan kembali,”tutupnya.  

Foto - Radiator Almunium Bermasalah? Simak Panduan Reparasinya
Tembaga dan almunium akan timbulkan korosi 

 

 

#mobil-bekas #tips #radiator

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.