Setir Mobil Anda Miring, Ini Penyebabnya

Lingkar kemudi miring kerap kali terjadi.
Penulis: Aditya Widiutomo
Rabu, 26 Juni 2024 08:00 WIB
Tips - Setir Mobil Anda Miring, Ini Penyebabnya
Bagikan ke:

OTODRIVER – Lingkar kemudi miring kerap kali terjadi. Namun hal ini seringkali tidak disadari oleh para pemiliknya.

Setir dengan posisi yang tidak semestinya alias miring kadang mengganggu estetika keindahan mobil. Bahkan setir yang miring juga kerap kali mengganggu ketika berkendara.

Foto - Setir Mobil Anda Miring, Ini Penyebabnya
Ilustrasi spooring

Lantas, apa yang menyebabkan setir mobil miring? Hidayat dari bengkel kaki-kaki Lili menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena mobil jarang melakukan proses Spooring.

“Biasanya setir mobil yang miring itu karena jarang spooring,” ujat Hidayat ketika dihubungi oleh tim OtoDriver beberapa waktu lalu.

Namun tak sekadar proses ini, sebelum spooring bagian kaki-kaki hingga power steering harus dilakukan pengecekan lebih mendalam. Karena jika beberapa bagian tersebut mengalami kerusakan, maka mobil tidak bisa dispooring.

“Jadi, kalau bagian kaki-kaki dan power steering ada yang mengalami kerusakan, mobil tidak bisa dispooring. Ada baiknya bagian kaki-kaki dan power steering dicek terlebih dahulu untuk mengetahui adanya kerusakan atau tidak,” tambahnya.

“Biasanya setir miring disebabkan oleh kerusakan komponen tie rod. Setelah diganti komponen ini, kemudian lakukan spooring dan posisi setir akan kembali seperti semula,” timpal Hidayat.

Kemudian, bagian power steering jika alami kerusakan juga bisa sebabkan kemiringan posisi setir.

"Jadi perlu perbaikan power steering agar setir bisa kembali lurus," tutup Hidayat. (AW).

#tips #setir-miring

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.