Perlukan Penggantian Ban Disertai Dengan Pentilnya?

Penggantian ban memang wajar dilakukan ketika kondisi atau umur komponen ini sudah tidak laik.
Penulis: Aditya Widiutomo
Jumat, 16 Agustus 2024 08:00 WIB
Tips - Perlukan Penggantian Ban Disertai Dengan Pentilnya?
Bagikan ke:

OTODRIVER – Penggantian ban memang wajar dilakukan ketika kondisi atau umur komponen ini sudah tidak laik. Umumnya penggantian ban dilakukan saat Kembangan ban sudah tidak baik atau telah memasuki usia di atas 5 tahun sejak ban mobil tersebut diganti.

Namun yang seringkali menjadi pertanyaan, apakah pentil ban harus ikut diganti? Abeng selaku pemilik bengkel ban Victory Auto Sport di Kawasan Tangerang Selatan menganjurkan agar penggantian ban dan pentil diganti secara bersamaan.

Foto - Perlukan Penggantian Ban Disertai Dengan Pentilnya?
Ilustrasi Pentil ban 

"Pentil ban ini perlu diganti bareng ban juga. Wajib diganti bareng ban karena jika terus digunakan berpotensi terjadi kerusakan suatu waktu," ujarnya saat dihubungi oleh tim OtoDriver beberapa waktu lalu.

Karena seiring berjalannya waktu, salah satu komponen pentil yang terdiri dari karet akan mengalami kerusakan.

"Karet pentil ini kan juga terkena panas sehingga bisa mengalami sobek. Jadi lebih amannya diganti baru saja pentil ban yang lama. Toh harganya tidak seberapa," tambah Abeng.

Untuk harganya sendiri, umumnya pentil baru dijual dengan harga berkisar mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu per buah. So, agar tidak terjadi kendala saat berjalan, jadi pastikan Anda melakukan penggantian ban berbarengan dengan komponen pentil ban. (AW),

#tips #ban #pentil

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.