Kisaran Biaya Perbaikan Electric Power Steering

Kisaran Biaya Perbaikan Electric Power Steering

Komponen Power Steering yang terdapat pada mobil terdiri dari dua mekanis. Di antaranya hidrolis dan elektris atau yang lebih dikenal dengan Electronic Power Steering (EPS).

Mobil dengan EPS kini kian menjamur. Namun perlu dicatat, jika komponen ini mengalami kerusakan biayanya cukup mahal.

adit

Sebagai informasi, berdasarkan pantauan kami di pasaran, motor listriknya saja dibanderol di kisaran Rp 5-6 juta, untuk modulnya di kisaran Rp 3 sampai 4 juta, dan rack steer mencapai Rp 10 juta. Namun tenang saja, karena berbagai jenis bengkel spesialis kaki-kaki mobil mampu merekondisi komponen EPS.

Salah satunya adalah bengkel Lili di kawasan Tangerang Selatan. Dayat selaku kepala mekanik bengkel Lili menjelaskan secara singkat bagaimana proses merekondisi sebuah EPS.

"Bushing bisa dicetak baru dengan menggunakan bahan teflon. Dan gigi rack dapat dicor ulang sehingga membentuk gerigi baru," ujar Dayat ketika ditemui di bengkelnya (20/8).

Tak hanya itu, biaya rekondisi EPS ini jauh lebih murah dibandingkan menggantinya dengan komponen baruHarga untuk rekondisi segelondong Rack Steer kisarannya Rp 1,2 -1,5 juta,” tutup Dayat.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com