Cara Murah Memperbaiki Rack Steer Bermasalah

Cara Murah Memperbaiki Rack Steer Bermasalah

Permasalahan pada bagian kontrol kemudi atau rack steer pada umumnya terjadi akibat umur pakai atau perilaku mengemudi yang kasar.

Biasanya kerusakan yang terjadi bermula dari sobeknya karet boot roda, masuknya kotoran dari luar akan menempel pada bagian gigi penghubung yang sudah dilumasi dengan gemuk atau grease. Akhirnya gerakan gigi yang bersinggungan saat berputar jadi berat dan berpotensi merusak gigi rack dan pinion-nya.

Atau bisa jadi karena roda kerap menghajar lubang dengan kecepatan yang relatif tinggi. Akhirnya seluruh komponen kemudi yang berhubungan dengan roda jadi berbenturan.

Bila sudah seperti itu, memperbaikinya pun cukup mahal karena biasanya pabrikan hanya melansir onderdil pengganti secara utuh atau assy. Seperti contoh, untuk sebuah rack steer assy dengan sensor elektrik power steering milik Honda Freed, dibanderol kisaran Rp 5 juta. Itu juga masih belum termasuk jasa bongkar pasang dan penggantian sensor-sensor bila diperlukan.

Khusus yang menggunakan sistem power steering dengan elektik (EPS), jika pergerakan gigi sudah aus akan mengakibatkan pembacaan sensor gerak menjadi ngawur. Jika didiamkan, lama kelamaan akan merembet ke peranti lain seperti sensor EPSnya. Indikasi awal biasanya setir jadi loss atau dapat berputar tetapi berat karena tidak mampu meng-assist. Otomatis  biaya perbaikannya akan meroket.

Di masa harga onderdil yang tinggi seperti saat ini, tentunya nominal tersebut relatif menguras kocek. Tapi jangan sedih dulu, ada cara murah yang dapat dilakukan tanpa harus keluar dana banyak dan kemudi kembali optimal, caranya direkondisi.

“Biasanya kerusakan yang umum terjadi, gigi pinion dan harmonikanya tumpul karena bergesekkan tanpa adanya pelumasan akibat debu yang menempel saat pengemudi memutar setir,” ujar Jono dari Bengkel Jantra Specialist Kaki-Kaki.

Ia menjelaskan gigi tersebut dapat dicor ulang, sehingga membentuk sebuah gerigi yang baru. Khusus yang masih menggunakan power steering dengan fluida, sil penahan olinya diganti baru. Karet boot pelindung debu, juga turut di ganti yang baru.

Untuk total biaya kerusakan,jasa rekondisi segelondong sistem kemudi sebesar Rp 1,5 juta. Harga yang dipatok sudah termasuk biaya bongkar pasang dan garansi selama setahun. Harga ini bisa menjadi patokan Anda bila melakukan survei ke bengkel-bengkel.

Tak hanya milik Freed, ia pun kerap merekondisi milik Honda City, Nissan X-Trail juga Nissan Serena. “Intinya semua rack steer bisa diperbaiki asal dua gigi yang bersinggungan tersebut belum sampai habis,” wantinya sambil menutup percakapan.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com