Wuling Air ev Tak Bisa Sembarangan Ganti Ban, Pengaruhi Performa dan Kenyamanan

Pelek alloy dengan ukuran sama dengan pelek kaleng Air ev bisa saja sumbang efisiensi dalam berkendara
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Jumat, 23 September 2022 12:00 WIB
Tips - Wuling Air ev Tak Bisa Sembarangan Ganti Ban, Pengaruhi Performa dan Kenyamanan
Bagikan ke:

Sebagai mobil mungil, maka ban yang digunakan pada Wuling Air ev tergolong cukup imut. Karet bundar ini punya ukuran 145/70 R12.Tergolong cukup kecil untuk ukuran mobil jaman sekarang.

Secara teknis, ban merupakan beban tersendiri bagi sebuah mobil. Sebagai mobil yang berfokus pada efisiensi maka mobil listrik ini pun dibekali dengan ban yang paling ideal di mana mampu menghadirkan penggunaan daya yang optimal dan juga memperhitungkan aspek kenyamanan.

“Ukuran ban akan berpengaruh sekali pada kemampuan mencapai jarak tempuh, sehingga ukuran ban baik itu lebar, tinggi ataupun bobotnya haruslah ideal,” tutur Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, saat ditemui di sela media test drive Wuling Air ev belum lama ini.

Namun tentunya tidak sedikit pemilik Air ev yang ‘gemes’ ingin mendandani mobil sentrumnya ini dengan sentuhan modifikasi, salah satunya dengan mengganti pelek kaleng bawaan mobil dengan pelek alloy bahkan dengan ukuran yang lebih besar.

“Boleh-boleh saja untuk mengganti ukuran ban dengan yang lebih besar untuk dongkrak tampilan. Namun perlu dicatat bahwa hal tersebut akan punya konsekuensi untuk performa dan kenyamanannya,” sambungnya.

Danang menambahkan untuk melakukan ganti pelek disarankan untuk berkonsultasi dengan pihak dealer dan mekanik Wuling untuk agar tidak menimbulkan efek negatif bagi konsumennya.

Namun, bisa saja penggantian pelek justru dapat menjadikan Air ev punya jarak tempuh yang lebih jauh. Salah satu syaratnya adalah mengantinya dengan pelek alloy yang punya dimensi yang sama dengan pelek kaleng bawaan mobil.

Di atas kertas, pelek alloy punya bobot yang lebih ringan daripada pelek kaleng sehingga memberikan kontribusi memangkas bobot kendaraan secara keseluruhan.

Foto - Wuling Air ev Tak Bisa Sembarangan Ganti Ban, Pengaruhi Performa dan Kenyamanan

Markondez

#wuling-air-ev #ev #ukuran-ban #performance

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.