Mau Beli Mobil Bekas? Ini 5 Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan ke Penjual

Mau Beli Mobil Bekas? Ini 5 Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan ke Penjual

Membeli mobil bekas bisa menjadi keputusan yang sangat bijak. Tanpa merogoh kocek yang dalam Anda bisa mendapatkan fungsi kendaraan yang hampir sempurna. 

Namun sebelum membeli kendaraan bekas ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan juga ditanyakan kepada pemilik kendaraan atau tempat Anda membeli. Tujuannya agar mendapatkan kendaraan sesuai dengan keinginan. 

Berikut beberapa pertanyaan yang wajib Anda tanya saat membeli mobil bekas, seperti dikutip dari hotcars, Senin (20/06). 

Apakahpernahmengalamitabrakan? 

Pertanyaan ini harus ditanyakan oleh semua orang yang tertarik membeli mobil bekas. Riwayat kecelakaan dapat secara drastis mengurangi kemampuan berkendara dan keamanan mobil, bersama dengan nilai keseluruhannya.

Selain pemeriksaan visual yang menyeluruh terhadap retak atau penyok, Anda dapat melihat apakah mobil mengalami kecelakaan berdasarkan warnanya. Seperti yang disebutkan, warna bagian yang terlibat dalam kecelakaan akan sedikit berbeda dari bagian lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa bagian ini perlu diganti dan telah dicat ulang secara manual.

Apakahcatasli? 

Sebuah pertanyaan cerdas untuk ditanyakan, memeriksa cat asli akan memberi tahu Anda jika kendaraan terlibat dalam kecelakaan serius, dimodifikasi secara visual, dirawat dengan baik. 

Ada beberapa cara sederhana untuk memeriksa apakah mobil telah dicat ulang. Seperti memiliki tekstur yang tidak rata yang disebabkan oleh penyemprotan yang tidak merata dan gelembung udara kecil yang dapat terlihat dengan menggerakkan jari di tepi mobil.

ApakahbolehtestDrive? 

Pertanyaan satu ini sangat penting ketika membuat keputusan untuk membeli mobil bekas. Test drive akan memberi tahu Anda segalanya mulai dari kinerja mesin kenyamanan, dan interior berfungsi dengan baik. 

Kapanterakhirbandiganti? 

Membeli satu set ban baru segera setelah membeli mobil Anda bisa menjadi pengeluaran yang signifikan yang sebaiknya dihindari. Anda bisa menanyakan kapan terakhir menggantikan ban agar tidak merogoh kocek dalam. 

Cara yang baik untuk memeriksa keausan ban sendiri adalah dengan mengambil benda kecil seperti uang receh dan meletakkannya di dalam alur setiap ban. Alur yang lebih dalam menunjukkan bahwa ban kemungkinan besar baru. Selain itu, Anda dapat menggunakan ibu jari untuk menekan sisi setiap ban untuk melihat apakah ban tersebut cukup kuat. 

Bisakahmobildibawakebengkel? 

Mengajukan pertanyaan ini di awal percakapan Anda dengan penjual merupakan hal yang penting. 

Inspeksi mekanis yang terperinci akan melihat bahwa kondisi kendaraan apakah dalam keadaan yang baik, atau telah melakukan modifikasi. Jangan ragu untuk juga meminta mekanik untuk memeriksa masalah sederhana seperti kebocoran oli di bawah mobil, keausan sabuk mesin, dan kondisi ban. 

Segala bentuk penolakan dari pihak penjual bisa menjadi pertanda buruk yang menunjukkan kemungkinan ada yang tidak beres dengan mobil. Dalam hal ini, sangat disarankan untuk menjauh dari kesepakatan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com