Masih Andalkan Mobil Bertransmisi Manual Untuk Berlibur? Ketahui Hal Ini

Masih Andalkan Mobil Bertransmisi Manual Untuk Berlibur? Ketahui Hal Ini

Bisa dikatakan transmisi otomatik kini tengah ngetren karena volume kendaraan yang makin padat di kota-kota Indonesia yang semakin padat. Namun, tetap saja mobil bertransmisi manual tetap diminati oleh berbagai kalangan tertentu.

Bagi beberapa kalangan, mobil bertransmisi manual memiliki kelebihan tersendiri, seperti contoh tenaga yang lebih instan.

Lantas jika Anda melakukan libur panjang dengan mobil transmisi manual, hal apa saja yang perlu diperhatikan? Bambang selaku General Manager Bengkel Nawilis menjelaskan ada beberapa hal yang oerlu diperhatikan supaya peranti transmisi tetap awet.

“Hal yang pertama adalah jangan terlalu sering setengah kopling. Mobil yang dipakai saat mudik tentunya lebih diforsir daripada mobil yang berada di dalam kota, sehingga beberapa peranti lebih panas, termasuk kopling. Jika terlalu banyak melakukan setengah kopling, kopling akan hangus dan jadi cepat aus,” ujar Bambang saat dihubungi beberapa waktu lalu

Adapun hal kedua yang disampaikan oleh Bambang agar umur transmisi lebih awet.

“Yang kedua adalah sering lakukan engine brake. Tujuannya adalah selain meringankan kinerja rem, supaya gigi-gigi pada transmisi tidak aus. Namun perlu diingat, lakukan engine brake sehalus mungkin, tidak perlu disentak.” tutupnya

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com