Khawatir Transmisi Dual Clutch Ford Focus Bermasalah? Begini Cara Menghindarinya

Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Senin, 12 September 2022 14:45 WIB
Tips - Khawatir Transmisi Dual Clutch Ford Focus Bermasalah? Begini Cara Menghindarinya
Bagikan ke:
Perawatan dual clutch Ford focus harus secara rutin dilakukan.

Masalah transmisi dual clutch menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para pengguna Ford Focus. Sebab, jika bermasalah akan pengguna harus merogoh kocek yang cukup dalam. 

Foto - Khawatir Transmisi Dual Clutch Ford Focus Bermasalah? Begini Cara MenghindarinyaMenurut Budisusanto, Owner bengkel spesialis Ford, Mastercars.id, hal tersebut dikarenakan dual clutch yang dihadirkan lebih sensitif, bukan karena produk yang dihasilkan itu gagal. 

"Saya melihat bukan karena produknya, tapi lebih sensitif. Setiap elektronik contoh saja televisi itu ada range voltasenya. Jadi, jika dilihat lebih rendah otomatis mudah rusak ketimbang pabrikan Jepang," katanya, dalam acara Peluncuran Mastercars.id, di Tangerang. 

Lebih lanjut ia menyarankan untuk lebih memerhatikan perawatan dual clutch itu sendiri. Apalagi bagi pengguna Ford yang tinggal di Tanah Air dengan kontur cuaca dan debu yang tergolong banyak. 

"Hanya butuh perawatan saja, karena banyak debu yang bisa masuk dan bisa menempel di dual clutch, itu yang bisa menjadi masalah," tambahnya. 

Budi menyarankan untuk melakukan perawatan rutin yaitu 5 tahun sekali atau 50 ribu km. Nantinya seluruh dual clutch akan kembali dibersihkan agar tak berdebu, membuat kendaraan akan tetap nyaman saat digunakan. 

"Waktu pengerjaan itu 3 hari dan Oli dual clutch juga bisa diganti bersama saat melakukan perawatan tersebut," ujarnya. 

Nantinya untuk mekanisme yang dilakukan transmisi akan diturunkan, dibongkar lalu dibersihkan. Soal harga ada di kisaran Rp1,7 Juta beserta cairan chemical pendukung.

Jadi, tak perlu khawatir lagi terkait dual clutch pada kendaraan Ford. Perawatan rutin menjadi kunci agar tak terjadi masalah serius.

#ford-focus #transmisi-ford #dual-clutch #perawatan-mobil-ford

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.