Jangan Salah Pilih Pengharum Kabin Mobil. AC Bisa Jadi Korban

Jangan Salah Pilih Pengharum Kabin Mobil. AC Bisa Jadi Korban

Penggunaan parfum mobil pastinya memiliki tujuan agar ruang kabin mobil tetap terjaga keharumannya serta memberikan efek segar. Tetapi, terkadang jenis parfum yang salah bisa membuat kerusakan komponen mobil.

Pada artikel sebelumnya, kami sempat membahas kerusakan yang mungkin terjadi pada dasbor mobil dikarenakan penggunaan parfum cair. Jenis parfum ini ternyata juga memungkinkan kerusakan pada komponen lainnya, seperti sistem pendingin ruangan alias AC.

Apriyono dari bengkel spesialis AC Sejuk Abadi di kawasan Tangerang Selatan menjelaskan bahwa penggunaan parfum cair berkualitas rendah akan merusak salah satu komponen AC, yakni evaporator.

“Penggunaan parfum cair yang menyengat dan kualitasnya rendah bisa membuat evaporator AC menjadi kotor dan mampet. Biasanya, tanda-tandanya diawali dengan bau yang kurang sedap saat AC dinyalakan walau seisi kabin wangi akibat parfum tersebut,”jelasnya saat dihubungi oleh tim OtoDriver beberapa waktu lalu.

Jika dibiarkan, maka komponen akan mengalami kerusakan dan berpotensi tidak lagi. “Jika ini diabaikan, maka evaporator lama-kelamaan bisa bocor dan AC menjadi tidak dingin dan rusak. Tentu, ini butuh perbaikan berupa penggantian perangkat evaporator,” tambahnya.

"Sebelum rusak, evaporator bisa dibersihkan saat gejala bau AC sudah tidak sedap. Dan sebisa mungkin, jangan gunakan parfum berkualitas rendah pada ruang kabin mobil Anda," tutup Apriyono.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com