Jangan Salah, Begini Perawatan Shockbreaker Agar Tetap Awet

Jangan Salah, Begini Perawatan Shockbreaker Agar Tetap Awet

Merawat mobil tak hanya bagian interiornya saja, melainkan banyak hal yang harus diperhatikan termasuk shockbreaker yang menunjang kaki mobil, dan membuat pengemudi dan orang yang ada di dalam mobil tetap nyaman. 

Selain itu shockbreaker sendiri memiliki fungsi untuk menstabilkan mobil ketika adanya benturan lubang atau jalan bergelombang. Nah, untuk itu penting mengetahui cara perawatannya dengan baik. 

Lantas apa saja? Salah satu yang harus dilakukan yaitu menghindari jalan berlubang, sebab ketika terus menghantamnya akan membuat kebocoran shockbreaker itu sendiri. Selanjutnya muatan juga mobil juga harus diperhatikan. 

"Batasi muatan jangan terlalu berlebihan karena dapat memengaruhi fungsi dari shockbreaker," kata Ahmad Arifin, Mekanik F20 wheel, kepada OtoDriver. 

Penting diketahui setiap mobil memiliki kapasitas maksimal untuk menopang beban, pastikan untuk tidak melebihi apa yang dianjurkan. 

Selain itu yang harus diperhatikan yakni karet pelindung yang ada di dalam shockbreaker, karena karet tersebut berfungsi untuk menjaga kebersihan dan tak ada kotoran yang masuk. 

Terakhir yaitu membersihkan shockbreaker secara rutin untuk menghindari kotoran atau debu yang membandel, dan cukup dengan menggunakan air. 

"Cukup dengan air atau tambahan lain seperti air sabun atau sampo mobil agar pasir dan debu tidak masuk ke dalam shockbreaker," tutupnya. 

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com