Indikator ABS Anda Menyala? Ketahui Masalahnya

Indikator ABS Anda Menyala? Ketahui Masalahnya

Fungsi rem mobil yang telah dilengkapi dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) ialah memberikan bantuan kepada pengemudi ketika mengendalikan kendaraan dalam kondisi darurat.

Dengan begitu, rem mobil tidak akan mengunci waktu pengereman mendadak dan tetap dapat dikendalikan dengan baik sehingga bisa menghindari kecelakaan. Melihat pentingnya fitur ABS, kita harus mengetahui bagaimana cara menjaga fitur tersebut agar tetap optimal.

Lampu Indikator ABS Menyala

Panel instrumen mobil memiliki berbagai lampu indikator sebagai petunjuk kondisi komponen, salah satunya adalah lampu indikator ABS.

Umumnya terdiri atas tulisan ABS di dalam lingkaran yang diapit oleh dua lengkungan di sisi kiri-kanan, di mana semuanya berwarna kuning agar mudah dikenali.

Jangan panik seandainya lampu indikator ABS menyala atau kelap-kelip ketika mobil berjalan. Menyalanya lampu tersebut bukan berarti rem mobil bermasalah, tetapi hanya menandakan ada gangguan pada fitur ABS yang membutuhkan pengecekan lebih lanjut.

Anda tetap boleh mengemudikan kendaraan mengingat rem tetap dapat dioperasikan meskipun ada risiko ABS tidak berfungsi.

Namun, sebaiknya lakukan pemeriksaan ringan sambil mobil berjalan. Cobalah injak pedal rem dan rasakan apakah ada perbedaan, seperti injakan pedal rem terlalu dalam dari biasanya atau pengereman terasa kurang menggigit. Kalau ini terjadi, segera hentikan mobil dan periksa rem lebih lanjut karena ada risiko kerusakan lain pada sistem pengereman mobil.

Sebab Lampu Indikator ABS Menyala

Indikator ABS menyala merupakan tanda untuk pemilik mobil agar segera memberi perhatian pada sistem ABS. Biasanya hal tersebut terjadi karena sensor-sensor ABS yang ada pada roda mobil, baik depan maupun belakang, terkena kotoran sehingga membuat sensor error sehingga seolah tidak berfungsi. Problem lain adalah sistem kelistrikan mobil yang terhubung dengan sistem ABS rusak, seperti digigit tikus. Dapat pula kendala pada komputer pengontrol ABS.

Mengingat pentingnya fitur ABS demi keselamatan berkendara, segera bawa mobil ke bengkel resmi untuk pemeriksaan lebih lengkap.

“Fitur ABS memiliki peran yang sangat penting sebagai fitur keamanan berkendara. Segera cek ke bengkel jika lampu indikator ABS menyala agar segera dapat dicarikan solusinya dan fitur safety ini berfungsi normal kembali,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 seperti dikutip dari website Auto2000.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com