Ban Tertancap Paku Masih Aman Digunakan?

Ban Tertancap Paku Masih Aman Digunakan?

Ban yang tertancap paku memang bisa diselamatkan dengan cara menambalnya. Memang sebenarnya ada kemungkinan ban yang tertusuk paku tersebut masih bisa digunakan, minimal tetap menggelinding sampai mendapat pertolongan bengkel terdekat.

Lantas, seberapa amankah ban yang tertusuk paku tersebut? “Sebenarnya masih bisa digunakan untuk beberapa waktu tapi jangan kelamaan,” ujar Badril selaku Kepala Mekanik Rajawali Ban di bilangan Radio Dalam, Jakarta Selatan saat kami temui (17/9).

Foto: Brian

Menurutnya bila digunakan terus menerus akan membuat sulit ditambal sehingga akan berakibat ban rusak total. Apabila hal ini terjadi, otomatis Anda diharuskan untuk membeli ban yang notabene harganya lebih mahal ketimbang ongkos menambalnya.

“Kalau paku sudah tertancap terlalu lama, lubang pada ban dapat melebar dan membuatnya semakin sulit diperbaiki dan tekanan yang tidak normal karena bocor akan meningkatkan resiko ban meledak,” tegasnya.

Lalu bagaimana sebaiknya menghadapi ban yang tertancap paku? Badril menjelaskan bahwa sebaiknya langkah pertama adalah cek tekanan angin bannya agar tidak terlalu rendah sebelum Anda menemukan bengkel tambal ban terdekat.

“Cek tekanan angin, apabila sudah terlalu rendah sebaiknya tambah dulu untuk menjaga kondisi ban agar tidak rusak bila tidak menemukan bengkel tambal ban," jelas Badril.

Apabila sudah terlalu parah, sebaiknya ganti lah dengan ban cadangan untuk menghindari pecah ban yang berpotensi meningkatkan bahaya kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com