Rem Tangan Kurang Pakem? Mungkin Ini Penyebabnya

Rem Tangan Kurang Pakem? Mungkin Ini Penyebabnya

Parking Brake atau yang lebih akrab dengan sebutan rem tangan menjadi salah satu komponen penting dalam mobil. Salah satu fungsinya adalah menahan mobil saat parkir agar tidak berpindah tempat.

Seiring berjalannya waktu, kinerja rem tangan akan menurun dengan sendirinya akibat pemakaian. Lantas, bagaimana cara mengetahui kondisi rem tangan yang bisa dikatakan tak lagi dalam kondisi prima?

Sumarmin selaku Head Mechanic Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, menjelaskan sebenarnya cukup mudah mengenali kondisi piranti ini bahkan tanpa harus dibongkar.

"Cara paling gampang dengan membedakan tarikan tuas. Biasanya setingan dari pabrikan itu mulai dari lima sampai tujuh klik, nah kalau sudah lebih dari itu atau tarikan makin tinggi bisa langsung dicek untuk memastikan kondisi rem," ujar Sumarmin ketika dihubungi tim OtoDriver beberapa waktu lalu.

Sumarmin turut menyampaikan, selain karena kampas rem yang sudah menipis, biasanya yang membuat tarikan rem tangan berubah yakni adanya kotoran di dalam mekanisme rem tangan tersebut. Secara otomatis, jalur kabel rem tangan pun ikut tersumbat.

"Kalau tersumbat saat mau menurunkan tuas juga sedikit susah. Memang jarang yang perhatikan, tapi baiknya bila sudah mengalami gejala tersebut segera melakukan perawatan. Umumnya akan dicek, kemudian pembersihan, sampai menyetel ulang kembali bila memang kondisi kampas masih normal," tambah Sumarmin.

“Bawalah ke bengkel atau dealer terdekat untuk pengecekan komponen ini. Kalau kotor dibersihkan, tetapi bila sudah aus, kampas harus diganti,” tutupnya.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com