Penyebab Piringan Cakram Tipis Dan Bergelombang

Penyebab Piringan Cakram Tipis Dan Bergelombang

Rem adalah suatu peranti penting di mobil karena berperan dalam memperlambat laju mobil. Adapun beberapa komponen penting di dalamnya, yakni kampas rem dan piringan cakram alias disc brake.

Lantas untuk menjaga kesehatan piringan rem, maka kampas rem atau brake pad harus dalam keadaan prima setiap saat. Karena, menggunakan kampas rem yang habis dapat menggerus piringan cakram.

“Tentu kampas rem yang habis dan terus digunakan bakal menggerus piringan cakramnya,” jelas David selaku pemilik bengkel Dunia Usaha Motor di kawasan Tangerang Selatan ketika dihubungi oleh tim OtoDriver (15/4).

Akibatnya tentu kinerja rem tidak lagi optimal. Tak hanya itu, piringan rem  akan menimbulkan efek samping lainnya.

“Piringan cakram yang tergerus akibat kampas rem habis tentu akan semakin tipis bahkan cenderung bergelombang yang bisa menimbulkan getaran saat pengereman. Soal performa rem jangan ditanya lagi. Karena sudah pasti tidak dalam keadaan prima,” tambahnya.

Ada dua cara memperbaiki piringan rem rusak. Yang pertama dengan membubutnya lalu bisa juga mengganti baru.

“Jika belum terlanjur tipis, mungkin piringan bisa dibubut. Tapi jika sudah tipis maka harus diganti dengan yang baru,” tutup David.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com