Mur dan Baut Mobil Anda Macet? 5 Cara Antisipasi Ini Bisa Anda Lakukan

Mur dan Baut Mobil Anda Macet? 5 Cara Antisipasi Ini Bisa Anda Lakukan

Ada beberapa suku cadang yang selalu luput dari pantauan kita selaku pemilik kendaraan salah satunya adalah mur atau baut roda.

Nah karena saat ini kita memiliki waktu luang dikarenakan kondisi PPKM yang berlanjut, hal ini membuat para pemilik mobil bisa meluangkan waktu mengecek kendaraannya sendiri.

Seperti kita ketahui bahwa mur dan baut ini berfungsi untuk memasang dan mengencangkan pelek mobil. Mur dipakai untuk mengikat pelek dengan cara diputar dan baut dipakai sebagai dudukan pelek mobil pada as roda. Jumlah mur dan baut pada 1 roda adalah 4 atau 5 buah, tergantung jenis mobil.

Lantas, bagaimana jika kondisi mur dan baut roda mobil Anda macet? Berikut ini ada tips yang dirilis oleh Auto2000.

1. Manfaatkan Alat Bantu Pemutar Mur Roda

Hal pertama yang bisa dilakukan jika mengalami masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan alat bantu untuk memutar mur roda. Anda dapat memanfaatkan alat ungkit yang lebih panjang seperti pipa yang disambungkan ke kunci roda untuk memperoleh torsi atau daya putar ekstra sehingga lebih mudah saat melepaskan mur.

2. Semprotkan Baut Roda dengan Cairan Penetran

Cara lain untuk membantu melepaskan mur dan baut roda yang macet adalah dengan menyemprotkan cairan penetran pada baut roda mobil yang terpasang. Langkah ini berguna untuk menghilangkan penghambat seperti debu halus atau karat antara mur dengan baut roda. Dengan hilangnya hambatan tersebut maka mur akan lebih mudah diputar.

3. Gunakan Kunci Momen Saat Memasang Ban Mobil

Anda juga bisa menggunakan kunci momen atau kunci torsi dengan kekuatan sesuai rekomendasi pabrikan saat memasang kembali ban mobil. Namun jika tidak ada kunci momen, usahakan tidak memutar mur sekuat mungkin dan cukup sampai mur dirasakan sudah tidak dapat berputar lagi. Jangan sampai terdengar bunyi besi beradu terlalu keras yang menandakan mur sudah terlalu kuat mengikat baut.

4. Pasang Mur Roda Secara Menyilang

Mengencangkan mur dan baut roda tidak boleh dilakukan secara berurutan lantaran dapat membuat daya ikatnya kurang merata sehingga pelek tidak memegang sempurna pada as roda. Selain sulit dibuka nantinya, risiko lainnya adalah membuat ban mobil goyang di kecepatan tinggi bahkan dapat mengakibatkan baut roda patah. Pemasangan mur harus dilakukan secara menyilang dan bertahap agar daya tekan pada seluruh baut seimbang. 

5. Bersihkan Mur dan Baut Roda

Jika kondisi ban sudah dilepas, Anda bisa membersihkan mur, baut, dan lubang baut di pelek mobil untuk memastikan tidak ada kotoran menempel atau karat timbul. Setelah bersih, lumasi mur dan baut dengan grease atau gemuk untuk mencegah timbulnya karat dan mur mudah diputar. Tapi jangan berlebihan karena bisa menjadi tempat menempelnya kotoran.

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com