Mengenal Brake Dust, Apakah Berbahaya?

Mengenal Brake Dust, Apakah Berbahaya?

Rem merupakan salah satu peranti penting dari sebuah mobil. Rem tentu membutuhkan perhatian, tidak hanya digunakannya secara terus menerus.

Dalam beberapa kasus, pemilik mobil biasanya menemukan adanya kotoran di bagian pelek saat berjalan dengan jarak cukup jauh. Kotoran tersebut umum disebut dengan Brake Dust. Biasanya kotoran ini disebabkan oleh gesekan kanvas rem dengan piringan cakram.

David selaku pemilik bengkel Dunia Usaha Motor yang berlokasi di kawasan Tangerang Selatan menjelaskan ada dua faktor yang menyebabkan Brake Dust terjadi pada mobil.

“Ada dua faktor. Yang pertama,biasanya material kanvas rem yang mudah hancur. Sehingga terkena gesekan dan menyebabkan kotoran di velg,” jelasnya saat dihubungi oleh tim OtoDriver (8/3).

“Lantas yang kedua adalah material kanvas rem yang mengikis piringan cakram dan juga menyebabkan Brake Dust. Namun, jangan khawatir, karena dua hal ini tidak terlalu membahayakan,” jelas David.

David sendiri menghimbau agar menggunakan spare part bawaan pabrik termasuk parts kanvas rem untuk meminimalisir terjadinya Brake Dust. “Jika tidak mau terjadi, gunakan kanvas, piringan rem original dari bawaan pabrik. Karena, umumnya Brake Dust dihasilkan dari parts rem aftermarket yang materialnya berbeda dengan standar pabrik,” tutup David.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com