Ingat, Ban Mobil Ada Umurnya!

Ingat, Ban Mobil Ada Umurnya!

Tentu Anda semua sudah mengetahui seberapa pentingnya komponen ban pada mobil. Ban merupakan satu-satunya alat penghubung mobil dengan permukaan jalan.

Penggantian ban harus diganti secara berkala pada waktu tertentu. Akan tetapi, indikator ban harus dilakukan penggantian bukan dilihat dari ketebalan tapak ban saja. Ada satu indikator pada ban yang wajib Anda perhatikan, yakni tahun produksi ban.

Pada dinding ban, umumnya tertera 4 digit produksi ban. 2 digit pertama merupakan minggu produksi dan 2 digit selanjutnya merupakan tahun produksi.

Abeng selaku pemilik bengkel ban Victory Auto Sport yang berlokasi di kawasan Tangerang Selatan menjelaskan ban yang sudah berumur wajib dilakukan penggantian.

“Baiknya ban yang sudah berusia di atas 4 tahun harus diganti walau tapak ban masih terlihat tebal. Karena, tekstur karet sudah keras sehingga performa ban mulai menurun,” jelasnya saat dihubungi oleh tim OtoDriver (15/11).

Abeng juga menjelaskan bahwa ban yang sudah berusia lanjut memiliki resiko besar.

“Tentu saja resikonya besar. Biasanya ban yang sudah tua terlihat permukaannya mulai retak-retak. Tentu kondisi ini rawan pecah. Tidak hanya itu, peredaman juga tidak optimal karena tekstur karet yang mulai keras hingga road noise yang dihasilkan bakal berlebihan,” pungkasnya.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com