Cek Tekanan Angin Ban, Perhatikan Waktu Dan Kondisinya

Cek Tekanan Angin Ban, Perhatikan Waktu Dan Kondisinya

Tekanan angin ban menjadi suatu hal yang wajib diperiksa secara berkala. Tujuannya adalah safety dan kenyamanan. Untuk safety, kita bisa selalu memantau tekanan ban mobil Anda dan memastikan dalam kondisi ideal. Sedangkan untuk kenyamanan, tentu tekanan ideal yang sudah ditetapkan oleh pabrikan mobil.

Namun demikian, ternyata ada kondisi khusus untuk mendapatkan data tekanan ban yang paling akurat. Kapankah itu?

“Pengecekan tekanan angin ban sebaiknya dilakukan saat kondisi ban dingin. Pada saat ini angka yang ditunjukkan cukup akurat,” terang Ari Hartono dari Kedai Ban Arthoteko di bilangan Radin Inten, Jakarta Timur.

“Artinya kondisi yang terbaik adalah sebelum mobil digunakan untuk jalan,” sambungnya. “Pada saat ban dingin udara di dalam ban belum memuai sehingga mampu menunjukkan akurasi yang baik,” corocosnya.

Lebih jauh lagi Ari mengatakan bahwa pengecekan rutin sebaiknya dilakukan setiap dua minggu sekali, terlebih pada mobil yang dipakai harian. “Rentang waktu ini sifatnya ancar-ancar saja. Biasanya pada rentang waktu itu ban sedikit banyak telah berkurang tekanan anginnya, walau belum tentu demikian,” imbuhnya.

Ari menambahkan hal ini berlaku baik itu ban yang diisi dengan angin ataupun nitrogen. 

sa

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com