Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Menghemat Konsumsi BBM Harian

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Menghemat Konsumsi BBM Harian

Dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, kita harus membiasakan hidup hemat. Tidak hanya untuk masalah belanja keperluan sehari-hari, ternyata ada beberapa cara untuk berkendara hemat yang dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil Anda.

Jika Anda masih menggunakan mobil untuk harian dan ingin memangkas alokasi dana untuk membeli bensin maka Anda perlu mengetahui cara-cara terbaik mendapatkan konsumsi BBM irit.

Dalam hal ini kebiasaan dan cara mengemudi adalah factor utama. Tidak melulu soal kapasitas mesin yang besar, ternyata kebiasaan mengemudi akan lebih mempengaruhi Anda dalam mengehmat pengeluaran terutama untuk membeli bensin atau solar.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghadirkan konsumsi BBM terbaik pada mobil Anda :

 

1. Tidak berkendara agresif dan biasakan menekan pedal gas dengan konstan

"Ketika kita mengemudi dengan tidak agresif, tentu konsumsi bahan bakar akan lebih baik. Mesin tidak bekerja hingga batas maksimal dan putaran mesin yang rendah membuat konsumsi bahan bakar lebih irit. Selain itu menerapkan safety driving saat berkendara juga membuat kita semakin aman di jalan," ucap Soni Susmana selaku Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI).

2. Cek tekanan angin ban

Tekanan angin pada ban sangat memengaruhi konsumsi bahan bakar mobil tersebut. Jika ternyata tekanan angin kurang, ban akan menjadi lebih berat dan memaksa mesin bekerja lebih keras. Hal tersebut dapat membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.

Usahakan tekanan angin ban mobil tetap terjaga, dan mengikuti rekomendasi pabrikan untuk tekanan angin yang baik digunakan.

3. Perhatikan beban dalam mobil

Bobot mobil yang berlebih akan berpengaruh pada konsumsi BBM. Semakin berat, maka tenaga yang dibutuhkan mesin untuk menggerakan mobil juga bertambah sehingga penggunaan BBM juga semakin banyak. 

Untuk mengatasinya, jangan biasakan membuat mobil menjadi gudang atau ruang penyimpanan. Keluarkan barang-barang yang tidak perlu dari dalam mobil dan jangan menaikkan penumpang melebihi batas kapasitas.

Tiga langkah tersebut dapat membuat konsumsi bahan bakar mobil harian Anda menjadi lebih baik.  

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com