7 Hal Yang Wajid Disiapkan Saat Mengemudi Di Musim Hujan

Perlu persiapan untuk tetap mengemudi dengan nyaman dan aman selama musim hujan
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Minggu, 31 Januari 2021 12:00 WIB
Tips - 7 Hal Yang Wajid Disiapkan Saat Mengemudi Di Musim Hujan
Bagikan ke:

Musim hujan merupakan siklus tahunan yang akan selalu datang dan untuk kenyamanan dan keselamatan kita harus mempersiapkan segala sesuatunya.

Tak hanya berhubungan masalah teknis kendaraan, namun juga terdapat hal-hal pendukung lain yang cukup membantu saat menghadapi musim penghujan.

1. Karpet karet

Menyiapkan karpet karet sebagai matras alas kaki. Dengan karpet karet ini, maka apabila sepatu basah atau kotor karena lumpur, tidak akan langsung mengotori karpet sehingga tidak basah dan lembab.

Foto - 7 Hal Yang Wajid Disiapkan Saat Mengemudi Di Musim Hujan

2. Kain lap

Kain lap seperti plas chamois sangat membantu untuk mengeringkan cipratan-cipratan air yang sempat masuk ke dalam kabin, terlebih yang membasahi perangkat elektronik seperti tombol power window. Kendati perangkat seperti ini dirancang tahan terhadap cipratan air, namun tiada salahnya mengeringkannya.

3. Payung

Nampak sederhana, namun ternyata sangat dibutuhkan pada saat hujan turun. Ada baiknya menyediakan payung khusus untuk disimpan di dalam mobil. Usahakan ukurannya pada saat kondisi terlipat tidak terlalu besar dan dapat dengan mudah dijangkau saat di dalam kabin.

Foto - 7 Hal Yang Wajid Disiapkan Saat Mengemudi Di Musim Hujan

4. Memastikan Kondisi AC baik

Air Conditioner merupakan kunci tersendiri saat musim hujan. Selain menjadi piranti penyejuk ruangan, hembusan AC menjadi perangkat anti-fog bagi mobil. Dengan kondisi AC yang sehat, mengendarai mobil pun nyaman tanpagangguan kaca berembun. Tentu temperaturnya juga harus dijaga, agar kaca tidak berembun.

5. Air wiper washer

Pastikan air pembasuh wiper dalam keadaan penuh. Melakukan penambahan dengan cairan khusus air wiper atau dengan menambahkan sedikit sabun cuci piring cair sangat membantu menghilangkan lemak di kaca. Pastikan perangkat pendukungnya seperti motor penggeraknya aktif dan bisa menyemprotkan air ke kaca.

Foto - 7 Hal Yang Wajid Disiapkan Saat Mengemudi Di Musim Hujan

6. Kondisi Wiper

Pastikan kondisi wiper mulai dengan karet wiper, tangkai wiper dan motor wiper dalam kondisi prima. Karet wiper umumnya hanya bertahan dalam hitungan 6-12 bulan sejak dipasang. Karet wiper yang baik sangat membantu memberikan pandangan yang jernih pada saat menyetir, sedang karet wiper yang sudah habis masa pakainya malah akan menjadikan pandangan buram.

Foto - 7 Hal Yang Wajid Disiapkan Saat Mengemudi Di Musim Hujan

7. Obat Jamur kaca

Sangat disarankan untuk membersihkan jamur kaca atau water spot untuk menghadapi musim hujan. Jamur kaca akan mengganggu pendangan terutama pada kaca bagian samping dan belakang.

#musim-hujan #preparasi

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.