Musim Hujan Selesai, Jaga Keawetan Wiper Blade

Musim Hujan Selesai, Jaga Keawetan Wiper Blade

Wiper merupakan perangkat standar mobil yang perannya penting, apalagi saat hujan turun. Salah satu bagian yang paling vital adalah blade karetnya. Bagian ini yang berfungsi untuk menghalau air menempel dipermukaan kaca mobil.

Jika blade wiper mengalami kerusakan, maka tidak akan optimal dalam menyeka air dan malah akan membuat buram pandangan kaca. Saat ini bisa dibilang musim hujan segera selesai, namun justru sekarang lah wiper harus selalu dirawat.

 

Sebab kita tidak pernah tahu kapan blade akan kehilangan optimalisasi dalam bekerja. Jika perangkat ini rusak maka jalan satu-satunya adalah menggantinya dengan yang baru.

Namun, sebenarnya untuk memperpanjang usia blade wiper ada cara-cara yang relatif sederhana.

“Tindakan ini sebenarnya lebih cenderung sebagai tindakan preventif dan juga tindakan pemeliharaan. Jadi apabila sudah terlanjur rusak ya harus diganti yang baru,” ujar Dede salah satu mekanik aksesoris onderdil mobil di kawasan Blok M Jakarta Selatan ketika diwawancarai oleh tim OtoDriver (5/6)

“Karet blade harus dijaga kebersihannya, sehingga debu yang menempel dan berpeluang untuk membuat goresan pada kaca dapat diminimalisir,” tambahnya.

“Caranya dengan mengusap permukaan blade menggunakan kanebo setiap hari, sebelum mobil dikendarai,” sambung Dede.

Lebih jauh lagi, Dede mengatakan bahwa untuk menjaga kelembaban karet, seka dengan minyak zaitun seminggu sekali. Diamkan beberapa saat kemudian bersihkan dengan tissue.  

Selain minyak zaitun, bisa juga menggunakan bahan lain seperti silikon spray yang disemprotkan pada permukaan blade setelah peranti ini dipastikan bersih dari debu yang menempel.  

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com