Jakarta Mulai Kembali Dilanda Banjir, Ingat Mobil Bukan Perahu

Jakarta Mulai Kembali Dilanda Banjir, Ingat Mobil Bukan Perahu

Musim penghujan mulai datang ke beberapa kota besar di Indonesia. Bahkan di DKI Jakarta. Sejumlah daerah mulai kembali ditemuan beberapa genangan air.

Hal ini tentu menjadi kebiasaan ketika musim penghujan datang. Banjir menjadi ‘teman’ sang hujan deras yang selalu datang tiap tahunnya.

Tak sedikit pengemudi yang nekat menerobos banjir tanpa menyadari ketinggian air yang diterjangnya. Hal ini tentunya dapat menyebabkan kerusakan mesin yang berujung malapetaka. 

Sumarmin selaku Head Mechanic Bengkel Resmi Toyota Auto 2000 Cilandak, Jakarta Selatan menyarankan agar pengemudi mobil jenis apapun sebisa mungkin untuk tidak nekat menerobos banjir.

“Sebisa mungkin, mobil tidak menerjang banjir. Beberapa komponen yang ada pada mobil rentan terhadap air,” kata Sumarmin.

Menurut Sumarmin, water hammer sering terjadi saat air masuk ke lubang udara dan kemudian masuk ke ruang mesin, hal ini tentunya bisa fatal bagi ruang mesin. “Air bisa masuk dari lubang udara maupun knalpot ketika mesin mobil tidak menyala. Hal ini tentunya tidak boleh terjadi. Maka hindari banjir sebisa mungkin,” tambahnya.

“Jika water hammer terjadi, tentunya mesin akan mengalami kerusakan dan butuh biaya yang besar untuk memperbaikinya,” tutupnya.

Jadi ingat, mobil bukanlah perahu yang dapat menerabas air.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com