Ini 9 Cara Mengemudi Hemat BBM

Ini 9 Cara Mengemudi Hemat BBM

Memiliki konsumsi bahan bakar yang hemat, tentu menjadi dambaan para pengemudi di Indonesia. Namun tidak semudah itu berkendara irit. Karena banyak sekali faktor yang harus diperhatikan.

Beruntungnya, Daihatsu dan GT Radial berbagi tips bertema Eco Driving. Dalam acara yang dihelat lewat platform Instagram Live @daihatsuind.

Dalam acara tersebut, turut hadir Sony Susmana selaku Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) dan Zulpata Zainal, Proving Ground On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk, untuk memberikan informasi edukasi menarik.

Sesuai nama Eco Driving, Sony memaparkan beberapa teknik eco driving, antara lain teknik berkendara untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. Sebab salah satu tujuan eco driving adalah mobil menjadi lebih hemat bahan bakar.

Sehingga ini bisa mengurangi tingkat polusi, lebih ramah lingkungan, menurunkan potensi risiko kecelakaan di jalan raya, dan membuat komponen mobil lebih awet. Ujungnya, dapat menghemat ongkos atau pengeluaran penggunanya dalam berkendara sehari-hari.

"Banyak teknik melakukan eco driving, misalnya, menggunakan kendaraan yang sudah dilengkapi indikator eco, seperti Daihatsu Terios, Xenia, Sirion, Sigra, dan Ayla," ujar Sony dalam rilisnya, kemarin. 

Berikut 9 cara agar dapat mendapatkan konsumsi bahan bakar yang hemat.

1. Merencanakan rute perjalanan sesuai kebutuhan

2. Memanaskan mesin cukup 1 menit

3. Berkendara sehalus mungkin, tidak sering menginjak pedal gas dalam-dalam

4. Menjaga kecepatan konstan 60-80 km per Jam dengan RPM di putaran 2.000

5. Menjaga jarak dengan kendaraan lain dan menggunakan engine brake untuk deselerasi

6. Mengatur suhu AC ideal di kabin

7. Mematikan mesin dan membuka jendela apabila menunggu di dalam mobil lebih dari 5 menit

8. Melakukan perawatan kendaraan secara berkala

9. Menggunakan bahan bakar kendaraan yang direkomendasikan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com