Cara Mudah Pantau Voltase Listrik Mobil

Cara Mudah Pantau Voltase Listrik Mobil

Mobil modern sangat bergantung pada listrik, hal ini disebabkan oleh dominasi pegunaan perangkat elektrik baik pada mesin hingga berbagai perangkat penunjang lainnya.

Mobil yang sehat salah satunya punya pengisian baterai ataupun alternator yang baik. Hanya saja hampir tidak ada mobil yang dilengkapi dengan informasi detail dari kondisi batere maupun pengisiannya. Sehingga kadang pemilik menemui mobilnya sudah dalam kondisi kritis.

“Voltase aki yang sudah berkurang dari kapasitas semestinya menjadi masalah yang sering kali dijumpai. Sayangnya kondisi ini termasuk dalam kondisi yang minor dan bisa terpantau pada saat dilakukan servis rutin,” terang Vincent dari Asia Jaya Motor Pondok Gede Bekasi.

Namun Vincent mengatakan bahwa tidak ada salahnya untuk melakukan pantauan mengenai kondisi pengisian listrik dengan menambahkan volt meter display.

“Alat ini akan memberikan informasi aktual dari tegangan aki. Tegangan aki yang sehat biasanya ada di angka kisaran 12,5 Volt kondisi mesin mati,” sambungnya. Atau di angka 12,5-13,4 Volt dalam kondisi mesin hidup. Jika berada di bawah angka itu atau malah di bawah 12 volt maka dipastikan aki lemah dan tidak mampu digunakan untuk menyalakan mesin,” imbuhnya.

Penambahan perangkat cukup sederhana dan bahkan terdapat banyak pilihan pada display angkanya. Di pasaran tersedia perangkat yang dapat diaktifkan dengan hanya mencolokkan ke lighter.

Namun apabila ingin dibuat permanen dengan memodifikasi kabelnya dan disambungkan pada jalur kelistrikan pada stop kontak kendaraan.

 

Thanks to:

Asia Jaya Motor  0878 8337 7623

 

ss

 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com