Cara Mudah Mengenali Tanda Mobil Bekas Banjir

Cara Mudah Mengenali Tanda Mobil Bekas Banjir

Setelah mobil menjadi 'korban' banjir, tidak sedikit pemilik yang menjual mobilnya tersebut. Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas jangan sampai salah pilih. Ada cara mudah untuk mengenali mobil bekas banjir.

Dijelaskan Inspector Belimobilgue.com, Muhammad Rizki Pratama, tanda pertama adalah bagian interiornya. Bagian interior mobil bekas terendam banjir pasti akan berbau tidak sedap.

Foto: Danu

 

"Dari bau interior biasanya sudah terdeteksi kalau mobil ini eks (bekas) banjir, bau aneh, pengap, bau lumpur," ujarnya saat dihunbungi OtoDriver, Senin kemarin (3/2).

 

Tanda selanjutnya adalah karat yang ditimbulkan akibat terendam banjir pada beberapa bagian mobil terutama yang berbahan besi. Pertama Rizki memastikan pada bagian bawah dashboard dan pedal gas, rem dan kopling, serta bagasi mobil. 

"Selain bau kita bisa liat dari bawah dashboard dan pedal-pedal apakah berkarat atau tidak. 
Karena di bawah dashboard semua komponen besi atau pelat tidak dikasih anti karat. Jika unit itu eks banjir pasti di bawah dashboard banyak karat.
 Di bawah jok depan kanan dan kiri rel dan kawat jok pasti karatan," tutur Rizki.

"Ruang bagasi pasti karatan," tambahnya.

Tanda selanjutnya bisa dilihat pada bagian karpet dasar mobil, jika tidak rapih dan presisi bisa dipastikan mobil itu bekas banjir.

"Karpet dasar yang dibongkar setelah banjir jika dipasang kembali pasti tidak bakal rapih dan presisi," kata dia mengakhiri wawancara.


 

Simak Video : VIDEO: 4 Hal yang Pengaruhi Resale Value

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com