Cara Mengantisipasi Virus Corona Buat Para Pengguna Mobil

Cara Mengantisipasi Virus Corona Buat Para Pengguna Mobil

Seperti yang diketahui, virus corona (COVID-19) telah menjangkit hingga ke Indonesia. Kini tercatat sudah ada 27 orang yang positif terinfeksi virus tersebut. Namun untuk Anda yang sehari-hari menggunakan mobil atau transportasi roda empat, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari COVID-19 itu.

"Jadi pengemudi jangan parno, yang penting tahu cara penyebarannya dan dihindari. Satu lagi, batasi mengemudi dan perhatikan siklus tubuh," ujar Safety Driving Instructor dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, saat dihubungi OtoDriver, Rabu (11/3).

Selanjutnya kata Sony, saat berkendara salah satu yang terpenting adalah kondisi fisik. Jika kondisi fisik menurun atau terganggu, maka kemampuan berkendara jelas terganggu dan berisiko. 

"Sehingga jangan sampai terkena COVID-19. Caranya, pertama jaga stamina dengan mengkonsumsi multivitamin secara rutin, sehingga imunitas tubuh terjaga.  Selanjutnya pastikan kondisi fit tersebut dengan istirahat dan tidur yang cukup," katanya.

Lalu selain kondisi fisik si pengendara, kondisi kabin mobil juga harus diperhatikan. Kebersihan kabin mobil harus dijaga, agar meredam kemungkinan terinfeksi COVID-19. Jaga kebersihan kabin itu mencakup membersihkan filter AC, penggunaan sarung tangan, hingga masker.

"Jaga kebersihan cabin secara rutin. Mengemudi menggunakan sarung tangan. Tujuannya agar tangan tetap bersih saat memegang stir, tuas transmisi dan tombol-tombol di dasbor, jangan lupa selalu bersihkan telapak dengan hand sanitiser setelah melepas sarung tangan tersebut," tutur Sony. 

"Gunakan masker hanya saat pengemudi kurang fit atau flu. Terakhir hindari kontak langsung dan jaga jarak dengan orang lain yang sekiranya tidak perlu," pungkasnya.

Simak Video : OD Flash: TMS 2019 Jadi Arena Meluncurnya Beragam Mobil Baru dan Masa Depan

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com