Mana yang Lebih Berbahaya, Kelebihan Atau Kekurangan Tekanan Angin Ban?

Mana yang Lebih Berbahaya, Kelebihan Atau Kekurangan Tekanan Angin Ban?

Pengecekan tekanan angin ban tentu menjadi hal yang sangat penting ketika hendak mengendarai mobil. Bagaimanapun, ban menjadi komponen yang menghubungkan mobil dan jalanan.

Tekanan angin ban yang salah bisa menjadi masalah pada ban seperti pecah ban. Hal tersebut tentunya berakibat fatal. Lantas, apakah tekanan angin ban yang tinggi akan mengakibatkan pecah ban?

 

“Tekanan angin yang berlebih hingga 10 psi tidak mengakibatkan pecah ban. Paling efek yang dihasilkan adalah bantingan suspensi yang menjadi keras.,” ujar Abeng pemilik bengkel ban Victory Auto Sport di kawasan Tangerang Selatan ketika diwawancarai (1/10).

Akan tetapi, jika mobil kekurangan tekanan angin ban yang justru berbahaya. “Angin yang kurang akan menyebabkan bidang kontak antara ban dengan jalan jadi terlalu banyak. Kalau terus dipakai ini bisa menyebabkan panas sehingga permukaan ban akan semakin mengembang. Di sinilah kawat baja bisa jadi tidak dapat menahan pengembangan pemuaian, yang kemudian bisa menyebabkan ban jadi pecah,” tambah Abeng.

Jadi, pastikan kendaraan Anda dalam tekanan angin ban yang ideal sebelum Anda berkendara!

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com