Cek Selalu Kondisi Ban! Ini Sebabnya

Cek Selalu Kondisi Ban! Ini Sebabnya

Kecelakaan lalu lintas karena pecah ban sudah berulang kali terjadi. Sebagai gambaran besar, berdasarkan dari beberapa data, salah satunya dari NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) mengatakan bahwa penyebab pecah ban di jalan raya adalah kerusakan struktur ban karena kelebihan muatan, kurang tekanan angin, terjadi kebocoran ban sehingga tekanan akan hilang secara perlahan bahkan tidak disadari oleh pengemudi.

Mengacu pada penyebab kasus pecah ban, maka akan mengacu pada rusaknya konstruksi ban karena kerusakan struktur ban.

 

“Pada ban yang kekurangan tekanan angin maka akan terjadi kelelahan akibat terlalu banyak defleksi terutama pada dinding ban yang akan menyebabkan putusnya benang ban. Kondisi ini kurang lebih sama pada kendaraan yang overload. Di mana konstruksi bannya akan rusak saat mendapat beban berlebih,” terang Zulpata Zainal, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk kepada Otodriver (23/4).

Zulpata mengatakan bahwa melakukan pengecekan rutin pada ban adalah hal yang wajib dilakukan. “Jika dilakukan secara rutin, setidaknya kita akan lebih paham dengan kondisi riil tekanan ban secara lebih detail,” sambungnya. “Kita akan punya informasi lebih banyak tentang kondisi terkini ban termasuk jika ada cacat dikarenakan pemakaian akan lebih cepat terdeteksi,” sambungnya.

Lebih jauh lagi, Zulpata mengatakan bahwa kita harus menyadari sepenuhnya untuk tidak mengangkut barang melebihi daya angkut yang sudah ditentukan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com