Mobil Terasa Bergetar dan Tak Nyaman? Perhatikan Komponen ini

Mobil Terasa Bergetar dan Tak Nyaman? Perhatikan Komponen ini

Jika telah memasuki usia di atas 5 tahun, tentunya mobil Anda tak lagi dalam kondisi prima, apalagi bagi Anda yang kerap mengabaikan perawatan berkala. Untuk menjaga dalam kondisi tetap bugar, tentunya perawatan berkala, hingga penggantian suku cadang sangatlah dibutuhkan.

Salah satu gejala yang biasa dirasakan pada mobil yang telah menginjak usia di atas 5 tahun adalah rasa bergetar dalam kabin saat mobil dalam keadaan stasioner atau dalam keadaan mesin menyala dan tidak bergerak.

 

Namun tak perlu khawatir, jika Anda merasakan hal serupa, biasanya piranti yang harus diganti adalah bagian engine mounting. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Afon selaku pemilik bengkel Karunia Jaya Abadi Motor yang berlokasi di Jalan RS Fatmawati Jakarta Selatan.

“Saat mobil dalam posisi tidak bergerak dan mesin menyala terasa getar, mungkin bagian engine mounting harus diganti,” ucapnya saat ditemui di bengkelnya, Rabu (16/5).

Ia juga menuturkan biasanya mobil dengan penggerak roda depan lebih cepat rusak ketimbang mobil penggerak belakang.

“Kalau mobil gerak roda depan, biasanya 3 sampai 5 tahun engine mounting-nya sudah rusak. Tapi kalau gerak belakang biasanya lebih awet. Antara 5 sampai 10 tahun lebih,” tambanya.

Masih menurut Afon, jika piranti tersebut sudah menunjukkan gejala kerusakan, maka gantilah dengan suku cadang asli. “Saya sarankan pakai yang asli. Untuk BMW saja yang terkenal dengan suku cadang relatif mahal, harga 1 set engine mountingoriginal-nya hanya Rp 900 ribu, tapi jauh lebih awet dibanding yang KW-nya. Selisihnya hanya Rp 100 sampai 200 ribu,” tutupnya.

Engine mounting sendir berperan vital dalam meredam getaran mesin. Maka saat komponen satu ini mulai getas dan rusak, siap-siap saja getaran mesin menjalar sampai kabin. Jika demikian tentunya kenyamanan penumpang akan terganggu.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com