Atur Ketinggian Headrest Demi Keselamatan, Ini Langkahnya

Atur Ketinggian Headrest Demi Keselamatan, Ini Langkahnya

Headrest pada jok mobil merupakan salah satu bagian yang cukup vital dalam menopang keselamatan. Terutama bagi jok yang memiliki headrest yang adjustable alias bisa disetel ketinggiannya, posisi headrest ternyata tak bisa sembarangan.

"Patokan posisi headrest yang benar adalah bagian tengahnya harus lurus, sejajar, dengan ujung atas telinga," buka Poedyo Santoso, Training Director Indonesia Road Safety Agent yang bertemu OtoDriver pada Rabu (24/5) lalu.

 

 

Masih menurut Poedyo, posisi tengah headrest sebaiknya tidak berada di bawah atau di ujung atas telinga. Hal ini bertujuan agar bidang headrest mampu menahan kepala maksimal.

Sebab, fungsi utama headrest yang kerap dianggap bagian dari kenyamanan itu sebenarnya adalah sebagai penahan kepala ketika mobil mengalami benturan atau kecelakaan. Headrest mencegah efek gaya gerakan kepala ke belakang setelah maju dengan cepat ke arah depan.

Jika kepala tak ditahan oleh piranti seperti headrest, maka bisa dipastikan leher mengalami cidera karea efek daya yang timbul akibat kecelakaan. Maka, mulai dari sekarang segera atur posisi headrest ideal mobil Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com