Fakta Menarik, Mobil Terlaris di Dunia Saat Ini Adalah Mobil Listrik

Fakta Menarik, Mobil Terlaris di Dunia Saat Ini Adalah Mobil Listrik

Mobil yang menenggak bensin memang masih dijual dan masih banyak beredar saat ini. Namun fakta menariknya, saat ini mobil dengan sumber tenaga listrik tergolong lebih popular.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh JATO untuk 53 pasar di seluruh dunia menunjukkan, bahwa Tesla Model Y menduduki peringkat teratas penjualan mobil pada kuartal pertama tahun ini. Ini merupakan kali pertama mobil listrik murni berhasil mencapai posisi tersebut dalam daftar penjualan global.

Saat pertemuan tahunan pemegang saham Tesla pada Agustus 2022, CEO perusahaan yakni Elon Musk mengumumkan bahwa Model Y akan menjadi mobil baru terlaris di dunia pada tahun 2023.

Meskipun hal ini terdengar sebagai target yang ambisius, terutama mengingat harga rata-rata yang tinggi untuk SUV mid-size ini, namun Tesla berhasil membuktikan prediksi tersebut.

Salah satu faktor yang berperan penting dalam kesuksesan Model Y adalah penurunan harga yang dilakukan oleh Tesla.

Melalui pemangkasan harga yang signifikan, permintaan terhadap Model Y semakin meningkat. Pada tahun lalu, Model Y menempati posisi ketiga dalam penjualan mobil, hanya kalah dari dua mobil populer lainnya, yaitu Toyota RAV4 dan Toyota Corolla.

Dikutip dari laman Carscoops, Senin 29 Mei 2023, dalam laporan yang dirilis tercatat bahwa Tesla berhasil menjual 747.500 unit Model Y di 152 pasar, dengan peningkatan sebesar 91 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Model Y berhasil mengejar ketertinggalan dari Corolla sedan sebesar 244.000 unit, dan RAV4 sebesar 268.000 unit. Kesenjangan antara kedua model ini mulai menyempit seiring dengan strategi Tesla dalam terus mengurangi harga mobil mereka.

Dalam data yang dikumpulkan untuk kuartal pertama, Model Y tercatat telah terjual sebanyak 267.200 unit, mengalami peningkatan sekitar 69 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Di China, Model Y berhasil meraih penjualan yang sangat baik. Di Amerika Serikat, penjualan Model Y meningkat sebesar 68 persen, sementara di Eropa mobil ini bahkan menjadi mobil terlaris.

Meskipun Tesla berhasil meraih peringkat teratas, perlu dicatat bahwa Toyota juga menunjukkan kekuatannya. Empat dari lima mobil terlaris di kuartal pertama juga diproduksi oleh pabrikan otomotif asal Jepang itu.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com