Cruise Control Bermasalah, BMW iX Recall Di Berbagai Negara

Penulis: Ahmad Biondi
Jumat, 16 Juni 2023 15:00 WIB
Mobil Listrik - Cruise Control Bermasalah, BMW iX Recall Di Berbagai Negara
Bagikan ke:
BMW Recall iX karena kemungkinan kesalahan yang berhubungan dengan percepatan tiba-tiba dan tidak disengaja.

Kabar terbaru datang dari BMW, di mana produsen asal Jerman ini memberikan perintah recall atau penarikan di banyak negara untuk BMW iX listrik untuk memeriksa kemungkinan kesalahan yang berhubungan dengan percepatan tiba-tiba dan tidak disengaja.

Masalah itu pertama kali terungkap pada tahun 2022 setelah muncul keluhan dari beberapa pemilik tentang mobil iX mereka yang berakselerasi tanpa disengaja, menurut laman Hindustan Times, Kamis (15/6).

Awalnya, kesalahan tersebut diduga terjadi pada sistem kontrol kecepatan tetap cruise control. Tetapi, akhirnya diketahui bahwa bukan sistem penggerak itu sendiri yang bermasalah, melainkan tangan pengemudi yang secara tidak sengaja dapat menekan tombol kontrol kecepatan tetap karena sudut kemudi.

Foto - Cruise Control Bermasalah, BMW iX Recall Di Berbagai Negara

Pengaturan dan penempatan tombol kontrol kecepatan tetap di kemudi BMW iX mungkin akan diperhatikan untuk mengurangi kemungkinan percepatan tidak disengaja.

Menurut laporan itu, BMW menjelaskan bahwa percepatan tiba-tiba dapat terjadi jika pengemudi mengaktifkan kontrol kecepatan tetap, kemudian mematikannya, dan kemudian menekan tombol tersebut lagi tanpa sadar.

Penempatan tombol kontrol kecepatan tetap yang dilengkapi dengan opsi pengaturan kecepatan mungkin menjadi penyebab masalah tersebut. Meskipun percepatan tiba-tiba dapat berpotensi berbahaya, belum ada laporan mengenai kecelakaan atau cedera yang timbul.

BMW juga menjelaskan bahwa kontrol kecepatan tetap, baik disengaja maupun tidak disengaja, dapat segera dinonaktifkan. Namun, dilaporkan pula bahwa iX xDrive50s dan iX M60s yang diproduksi sejak tahun 2022 akan diperiksa, dan pembaruan perangkat lunak mungkin akan diluncurkan untuk memeriksa masalah ini. 

Namun demikian, pihak BMW Indonesia belum bisa menanggapi hal tersebut. Dikarenakan belum ada indikasi untuk mobil listrik yang mereka jual terkendala hal tersebut. Nantinya jika ada informasi dari principal, BMW Indonesia akan memberi informasi kepada media dan konsumennya.

#bmw-ix #mobil-listrik

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.