Reborn Scout EV Mengacu Pada Model SUV Klasik

Reborn Scout EV Mengacu Pada Model SUV Klasik

Volkswagen Group telah mengumumkan bahwa pihaknya akan menghidupkan kembali Scout, sebuah SUV yang pernah berjaya di era 60-80an. Label Scout ini dahulu merupakan produk dari brand International Harvester (IH) yang saat ini sudah berubah nama jadi Navistar. Pabrikan yang bermarkas di Wolfburg ini berrencana menghadirkan Scout dalam wujud sebuah EV murni. Nantinya akan jadi penantang Ford F150 Lightning EV, Rivian EV, Chevrolet SilveradoEV, Hummer Pick Up EV dan juga Tesla Cybertruck.

Dilansir Reuters, dua sumber anonim membisikkan bahwa VW menginvestasikan dana 100 juta Euro demi mewujudkan rencana membangun kembali Scout.

Untuk memproduksi Scout, mereka akan membuat perusahaan independen di Amerika Serikat yang terpisah dari induknya di Jerman mulai tahun 2026.

Sumber itu juga mengatakan kepada Reuters bahwa VW bisa saja mencari pendanaan eksternal melalui investor atau IPO untuk untuk memperluas kemampuan produksi mereka.
Chief Executive VW Group Herbert Diess mengatakan "Elektrifikasi memberikan kesempatan bersejarah untuk memasuki pasar pick-up AS dan menggarisbawahi" ambisi VW untuk menjadi pemain yang relevan di pasar AS."

Namun PR besar bagi VW adalah bagaimana menyajikan sosok Scout di masa depan tersebut. Belum ada gambar resmi dari VW mengenai Scout, namun beberapa gambar sket rekaan disebut-sebut akan mewakili perwujudan mobil ini kelak. Menurut kami, yang menarik adalah sket rekaan ynag menunjukkan sosok yang menggambil basis desain dari Scout II yang pernah beredar dari 1971 hingga 1981. Dalam sket tersebut digambarkan bahwa ada dua pilihan yakni SUV 5 pintu dan double cabin. Hal ini cukup menarik lantaran pada masanya dulu Scout tidak pernah memiliki varian 5 pintu ataupun double kabin. Scout II hanya hadir dalam versi 3 pintu saja, sedangkan versi pikapnya adalah Scout Terra merupakan pikap single cabin dengan bak dan kabin yang menyatu.

Dan jika hal ini benar adanya, maka akan menjadi nilai jual tersendiri, di mana desain klasik seperti yang ditawarkan oleh Ford melalui sosok Bronco sudah terbukti mendapatkan sambutan meriah publik AS dan juga dunia.

Salah satu ciri khas dari tradisional Scout SUV adalah menggunakan pintu dengan jendela frameless yang menjadikan SUV ini cukup unik pada jamannya. Bahkan pabrikan seperti General Motors pun kemudian mengikuti jejaknya saat memperkenalkan Chevrolet Blazer dan GMC Jimmy yang menggunakan model jendela frameless, walau hanya berlangsung dari 1970 hingga 1974.

Pintu Frameless ciri Scout

 

 

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com